NIROM Cililin

NIROM Cililin merupakan alat komunikasi pertama dan tertua yang dibangun oleh Belanda, stasiun radio ini didirikan oleh seorang insiyur berkebangsaan Jerman yang bernama Raymond Sircke Hessilken pada tahun 1904 s/d 1908, saat itu NIROM masih bernama Telefoenken. Di area seluas 17 hektar hasil pembebasan lahan dibangun Gedung Bedrijf yang menghabiskan biaya f 2,221. Dan pada tahun 1914, Gedung Bedrijf resmi beroperasi sebagai gedung telekomunikasi yang bernama Telefoenken. Pada tahun 1916, Raymond Sircke kembali memperluas lahan hingga mencapai 37 hektar di mulai dari kantor Kawedanaan Cililin sampai Gedung Bedjirf.
Sekitar tahun 1923 dengan di bantu Baron Van Simark dan Tuan Adun membangun NIROM dengan pengerjaan pertama yakni Gedung Worning Verbljting atau Rumah Dinas, gedung paling barat kemudian di bangun pula gedung tengah, gedung paling timur dan gedung bawah tanah untuk menaruh generator, pengatur listrik dan pengatur temperatur.
Biaya operasional yang besar akibat tidak adanya turbin air untuk menggerakkan mesin utama akhirnya Pemancar radio dan berbagai peralatan di sana kemudian dipindah ke Rancaekek dan Dayeuhkolot, setelah pemancar Radio Gunung Puntang di fungsikan tahun 1935 secara otomatis pada tahun 1936 radio NIROM Cililin praktis tidak berfungsi lagi. Sekitar tahun 1936 – 1938, tanah radio yang luasnya 3,885 ha diserahkan kepada Departemen Agraria Belanda oleh Van Meiyer dengan ketentuan sewaktu-waktu akan di ambil kembali untuk dijadikan tangsi militer.***.

Alamat: 
NIROM Cililin
Jalan Radio, Desa Cililin, Kecamatan Cililin
Kabupaten Bandung Barat
Indonesia