Heritage

 

GEDUNG ini terletak tidak jauh dari perempatan Jalan LLRE Martadinata dengan Jalan Banda di tengah Kota Bandung. Tepatnya di Jalan LLRE Martadinata No. 63 atau dulu dikenal dengan Jalan Riau. Pada masa kolonial, jalan ini disebut Riouwstraat. Nama tersebut pada akhir tahun 1960-an diganti menjadi Jalan LLRE Martadinata untuk memperingati jasa Laksamana Laut Raden Edi Martadinata yang meninggal dalam kecelakaan helikopter di Puncak, Bogor, 6 Oktober 1966.

Hingga 1910-an, Riouwstraat masih merupakan batas timur Kota Bandung. Kemudian di kawasan jalan tersebut dibangun perumahan mewah Belanda mulai akhir 1910-an oleh DH Ton. Kawasan Riouwstraat hingga kini masih terdapat beberapa peninggalan gedung Belanda. Salah satunya adalah gedung British Institute yang kini menjelma menjadi Heritage Factory Outlet.

Gedung ritel bergaya antik nan megah itu berwarna putih dengan deretan pilar besar di depannya. Heritage dibangun antara 1895-1900 atau pada 1898 dengan gaya Belanda Klasik, memiliki kolom dorik yang khas. Hingga kini arsitek yang merancang bangunan itu belum diketahui. Bangunan, awalnya bekas rumah dinas direktur Gouvernements Bedrijven atau Gedung Sate. Heritage Factory Outlet, satu dari bangunan cagar budaya yang dilindungi dan dilestarikan keberadaannya di Kota Bandung dengan arsitektur klasik yang masih utuh. Pilar ioniknya menjadi ciri khas dengan seni arsitektur yang tinggi. Tampak dari depan, eksterior bangunan menampilkan empat pilar utama yang menyangga kubah pendek setengah lingkaran, sebagai pintu masuk. Kubah itu memiliki corak lingkaran, di bawahnya kolom-kolom tinggi yang ditopang banyak pilar.

Gedung memilki bagian sayap dengan desain melingkar di samping sama seperti bangunan Gedung Merdeka. Sayap gedung sekarang dipergunakan sebagai Heritage Food Market dan kafe Mama Kitchen. Bagian sayap kanan merupakan penyambung dengan gedung lain, yaitu Cascade yang memiliki konsep arsitektur bergaya modern. Interior bangunan Heritage masih mempertahankan gaya klasik dengan dinding bercat putih dan bersalur batu bata berukuran besar. Setelah menjadi FO, dinding dihiasi foto-foto repro dari bangunan-bangunan tua di Kota Bandung. Bagian dalam bangunan terdiri atas dua lantai semi-terbuka yang digunakan untuk memajang aneka produk pakaian. Heritage dapat dikatakan sebagai salah satu market leader FO yang pertama di Kota Bandung.

Mulai diinisiasi pada 1999 dan buka pada 2000, menjual aneka produk pakaian dari dalam dan luar negeri. Heritage memiliki halaman parkir yang luas dan pepohonan yang cukup rindang sebagai nilai tambah. FO lain yang berdekatan dengan Heritage adalah STAMP Factory Outlet yang berciri khas kantor POS. Konsep belanja yang diusung Heritage Factory Outlet adalah One Stop Shopping, di mana tidak hanya memajang etalase penuh tumpukan barang, tetapi melalui sentuhan rekreatif yang dapat memanjakan mata pengunjung. Barang yang dijual tidak hanya pakaian, tetapi ada berbagai aksesoris, kerajinan tangan, home living, pernak-pernik, dan food market yang mendorong Kota Bandung sebagai salah satu tujuan wisata belanja. (E. Saepuloh/"PR")

 

Alamat: 
Heritage
Jln. LL. RE. Martadinata (Riau) No.63
Kota Bandung Jawa Barat
Phone: 0224220545
Indonesia
Daerah: