Bumi Sawunggaling

2765.jpg

Hotel Bumi Sawunggaling
Foto: Nugraha / PDR

KEASLIAN bangunan, keindahan arsitektur, serta nilai historis yang dimiliki Hotel Bumi Sawunggaling membuat gedung lawas yang terletak di Jalan Sawunggaling No.13 itu dianugerahi penghargaan Bandung Heritage Award pada 2011. Penghargaan tersebut diberikan oleh Paguyuban Pelestarian Budaya Bandung atau Bandung Heritage kepada pemilik atau pengelola dua puluh enam bangunan cagar budaya di Kota Bandung yang dianggap telah melakukan pelestarian gedung-gedung bersejarah.

Semenjak Bumi Sawunggaling berdiri, cerita mengenai gedung bergaya art deco itu tak terlepas dari sekolah tinggi teknik pertama di Hindia Belanda, Institut Teknologi Bandung (ITB). Gedungnya berdiri tahun 1920, sama seperti ITB. Letaknya di pertigaan Jalan Tamansari dan Jalan Sawunggaling yang dahulu dikenal dengan sebutan Dacosta Boulevard. Penghuni awalnya juga merupakan salah satu instruktur ITB berkebangsaan Belanda, Merv Bosch Jacobs.

Pada 1942 ketika Jepang masuk ke Indonesia, banyak instruktur ITB yang terusir dari kediamannya. Kemudian Merv Bosch Jacobs menampung mereka di Bumi Sawunggaling. Setelah Indonesia merdeka, rumah Bumi Sawunggaling diambil alih Pemerintah Indonesia. Bumi Sawunggaling pun lalu dialihfungsikan menjadi asrama putri pertama mahasiswi ITB dengan nama Dames Internat hingga tahun 1959. Setelah itu selama tiga puluh lima tahun, Bumi Sawunggaling digunakan sebagai asrama putra ITB, atau lebih dikenal dengan sebutan Rumah E.

Fungsi Bumi Sawunggaling kembali berubah pada Januari 1997. Kala itu Rektor ITB, Wiranto Arismunandar memiliki gagasan untuk mengubah Rumah E menjadi Wisma Tamu ITB. Selama satu tahun beroperasi, Wisma Tamu ITB ditingkatkan pelayanannya menjadi hotel. Selanjutnya pada 28 April 1998, Bumi Sawunggaling pun diresmikan menjadi hotel.

Hubungan Bumi Sawunggaling dengan ITB tidak hanya mengenai cerita yang pernah terjadi di antara keduanya, tetapi juga soal interiornya. Di lobby hotel, terdapat beberapa pajangan patung gajah sebagai penanda keterkaitan hotel dengan ITB. Lalu pilar-pilar hotel di ruangan kafe nyaris serupa dengan pilar yang ada di kampus ITB. Sementara itu ciri khas lain yang dimiliki Bumi Sawunggaling adalah tangga kayu yang kental dengan nuansa art deco sebagai elemen interior utama di lobby hotel. Tema yang diusing Hotel Bumi Sawunggaling adalah “feel the nostalgic aura” dengan mengedepankan konsep suasana hunian tempo dulu berbasis pelayanan hotel berbintang. (Fitrah/PDR)

Alamat: 
Bumi Sawunggaling
Bumi Sawunggaling
Jln. Sawunggaling No. 13
40116 Bandung Jawa Barat
Phone: 0224218254
Fax Number: 0224218253
Indonesia
Daerah: