Manisan Pala Toko Oleh-Oleh

3110.JPG

Manisan Pala Toko Oleh-oleh
Foto: Aira/DOK PR
TEPAT jika dikatan buah pala penuh manfaat. Selain bisa diolah menjadi sirup, manisan dan cemilan, pala juga bisa digunakan untuk menghangatkan badan, sebagai obat masuk angin, obat insomnia, serta untuk menambah nafsu makan. Air hasil rendaman pertama buah pala sendiri bisa digunakan untuk mengobati penyakit darah tinggi, sementara kulit buah pala dijadikan obat dan bijinya digunakan sebagai bahan bumbu masakan.
 
Di Wanayasa, ada dua jenis manisan pala yang dijual, manisan pala kering dan manisan pala basah. Walaupun hanya tahan hingga tiga bulan, manisan pala basah lebih banyak dicari dibandingkan manisan pala kering yang bisa tahan hingga lima bulan. 
Pengolahan buah pala dilakuan di area home industri di Kabupaten Purwakarta, sementara hasilnya banyak dijual di toko sentra oleh-oleh. Ibu Diah, seorang Ibu yang  yang sudah memproduksi buah pala sejak tahun 1965 melakukan pengolahan dan pengemasan secara langsung. Penasaran ingin mencoba dan menyaksikan pengolahan manisan buah pala? Datang saja ke sentra oleh-oleh di Jln Wanayasa, Kabupaten Purwakarta untuk melihat lebih jauh lagi. Jam Buka :09.00 – 20.00 WIB. (DOK.PR)
 
Alamat: 
Manisan Pala Toko Oleh-Oleh
Toko oleh-oleh Jln. Raya Kaum Wanayasa, Kec. Wanayasa, Kab. Purwakarta
Kab. Purwakarta Jawa Barat
Indonesia