Sate Maranggi H.Oking

3102.JPG

Sate Maranggi  H.Oking
Foto: P.B Indra Kusumah/PDR

KECAMATAN Wanayasa, Sate Maranggi H. Oking. Warung yang tak pernah sepi ini sudah dua puluh tahun berdiri, menjadi warung pertama yang menjual sate dan sop kambing di Wanayasa. Berawal dari berjualan secara lesahan di teras depan rumah, kini warung berubah menjadi rumah makan yang cukup menampung tamu sekitar hampir 70 orang. Kebanyakan pelanggannya sendiri datang dari Jakarta, Bandung, Subang, dan Karawang.

Kini, sekalipun pengolahannya sudah diteruskan oleh Ibu Enung, anak dari H. Oking, rasanya tidak berubah dari semula. Hal ini karena Ibu Enung mempertahankan cara memasak yang cukup unik dari ayahnya, yaitu menggunakan air gula merah agar daging sate kambing terasa empuk. Tanpa membuat pengunjung menunggu lama, sate yang aromanya terasa menusuk hidung dan menggoda selera akan segera disajikan.

Sate ini terasa lebih lezat bila dimakan dengan tambahan bumbu kecap bercampur tomat dan cabe rawit. Begitu juga dengan sop kambingnya yang memiliki porsi pas untuk disantap dengan seporsi nasi putih. Pilihan lainnya juga tersedia di warung ini diantaranya ikan bakar cobek, bakakak, serta karedok yang juga tidak kalah nikmat.(Dok. PR)

Alamat: 
Sate Maranggi H.Oking
Jl. Wanayasa Sukadami, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta
Kab. Purwakarta Jawa Barat
Indonesia