Pasar Palasari

2775.JPG

Palasari
Foto: Fitrah/PR
PASAR Buku Palasari merupakan pusat perdagangan buku paling lengkap di Kota Bandung. Popularitas pasar buku ini bahkan sudah meluas hingga ke mancanegara. Pembelinya tak hanya warga Bandung, orang-orang dari berbagai daerah dan luar negeri juga banyak berdatangan. Selain menawarkan harga yang lebih murah, Pasar Buku Palasari memiliki koleksi yang sangat beragam dalam berbagai bidang. Mulai dari buku pengetahuan umum, agama, hingga buku-buku fiksi seperti novel dan komik bisa ditemukan di sini. Tak hanya yang baru, buku-buku bekas dan terbitan lama juga menjadi incaran pembeli yang datang.
 
Palasari mulai dikenal sebagai pusat perdagangan buku sekitar tahun 1980-an. Mulanya, sejak tahun 1950-an para pedagang - yang kini menjajakan buku-buku mereka di Palasari - berjualan buku-buku bekas di kawasan Cikapundung, tak jauh dari Alun-Alun. Pada tahun 1982 mereka direlokasi ke Jalan Palasari dan ditempatkan di lantai dua bangunan Pasar Inpres Palasari oleh pemerintah Kota Bandung. Hanya beberapa tahun setelah pindah ke Palasari, pasar buku ini sudah menancapkan namanya sebagai pusat perdagangan buku antik terlengkap di Bandung. Pada masa kejayaannya tersebut, perdagangan buku-buku antik menjadi pusat kegiatan utama Pasar Buku Palasari. Hampir setiap minggu para pedagang selalu menambah koleksi buku antik. Selain dari tukang loak atau orang yang menjual langsung, buku-buku tersebut juga diperoleh dari pedagang-pedagang buku di kota lain seperti Jakarta, Surabaya dan Medan.
 
Sebuah kebakaran besar yang melanda Pasar Palasari pada tahun 1993 sempat melumpuhkan perdagangan buku di sini. Kebakaran tersebut menghanguskan seluruh kios buku dan menyebabkan para pedagang harus memulai kembali usahanya dari awal. Dengan menempati lahan sementara yang disediakan Pemkot, Pasar Buku Palasari bangkit kembali. Area yang dahulu dimaksudkan untuk berjualan sementara justru menjadi area tetap yang terus ditempati hingga saat ini.
 
Pasca kebakaran tersebut, Pasar Buku Palasari kemudian lebih dikenal sebagai pusat penjualan buku-buku pelajaran dengan harga diskon. Buku-buku pendidikan untuk pelajar mulai usia pra-sekolah hingga tingkat perguruan tinggi bisa ditemukan di sini. Para pedagang di sini menjalin kerja sama langsung dengan para penerbit sehingga buku bisa dijual lebih murah. Pada tahun 2007, kebakaran kembali melanda Pasar Buku Palasari dan menghanguskan 67 kios. Berdasarkan data yang dimiliki Ketua Koperasi Pedagang Pasar Buku Palasari Wawan, hingga akhir tahun 2013 terdapat sekitar 200 kios buku di Pasar Buku Palasari. (Dok. PR)
Alamat: 
Pasar Palasari
Pasar Palasari
Jln. Palasari (Lodaya), Kecamatan Lengkong
Bandung Jawa Barat
Indonesia
Daerah: