Hotel Lingga

3754.JPG

Hotel Lingga
Nugraha R /PDR
HOTEL Lingga terletak di jalan Soekarno Hatta (dahulu Jalan By Pass) merupakan hotel yang pertama berdiri di kawasan Soekarno Hatta . Cikal bakal usaha perhotelan dimulai sekira tahun 1984 dengan mengakusisi penginapan yang terletak di jalan Jayagiri Lembang, Kabupaten Bandung. Penginapan tersebut diberi nama Lingga Guest House. Proses tersebut langkah manajemen Lingga Group sebagai diversifikasi usaha tambahan selain di bidang Kontraktor, Percetakan dan Perdagangan Umum.
 
Hotel yang dirintis oleh H. Anton Taswara Warmana (Alm) pada mulanya  lahan yang dipakai  adalah sebuah lapangan tenis indoor dan gedung percetakan.  Tahun 1989 manajemen memutuskan mulai membangun Gedung Wisma Lingga. Mula-mula membangun ruang pertemuan yang dikenal Aula Madya (Lingga Wiwitan). Aula tersebut yang memiliki luas sekira 400 m2 . Aula ini dulunya merupakan tempat percetakan dan saat itu mampu menampung 100 – 300 tamu. Seiring pembangunan aula, diatasnya mulai juga dibangun wisma secara bertahap dimulai dari 14 kamar dengan jumlah tempat tidur yang dapat menampung sekira 42 tamu.. Kemudian bertambah menjadi sebanyak 25 kamar ,48 kamar bahkan sempat mencapai 75 kamar dengan ukuran kecil. Kini jumlah kamar yang tersedia sekira 68 kamar. 
 
Bentuk Hotel Lingga mempunyai ciri khas yang berbeda dengan Hotel lainnya. Bentuknya menyerupai salah satu nama  dan model rumah adat Sunda yakni Julan Ngapak. Bentuknya mirip dengan rumah panggung. Selain itu ciri-cirinya terlihat pada bangunan terutama pada bagian atap. Bentuknya melebar pada kedua sisinya namun berbeda antara sudut atas  dan sudut bawah sehingga jika dilihat dari samping seperti burung Julak yang merentangkan kedua sayapnya. Bagian dalam di Aula utama  hotel memiliki kekhasan yakni bagian plafonnya terbentuk mengikuti bentuk Julann Ngapak. Bahan kayu plafon yang ditopang sekira 10 pilar menggunakan jenis kayu sunkai.
 
Pada 11 Juli 1989 Wisma Lingga berubah nama menjadi Hotel Lingga untuk kebutuhan  peneterasi dan perluasan pasar. Perubahan nama tersebut bersamaan dengan pembentukan badan hukum CV Wisma Lingga agar fokus dan dikelola lebih profesional . Pemerintah Kota Bandung saat itu mengelompokan hotel ini pada kelas hotel Melati 3. Pada Agustus 1989 Hotel Lingga mulai renovasi seperti penambah fasilitas, jumlah dan jenis kamar. Selanjutnya ditahun  yang sama diatas lapangan tenis indoor dibangun menjadi sebuah ruang rapat atau pertemuan yang kemudian dikenal dengan nama  Aula Utama  (Lingga Utama) . Aula  dengan luas sekira  893  m2  dan dapat menampung sekira 500 - 1000 tamu. Proses pengerjaan dilakukan dengan secara swakelola dan selesai hingga diresmikan sekira 1 November 1989. Tahapan program renovasi selanjutnya berlangsung hingga tahun 2008 (Nugraha R/PDR)
Alamat: 
Hotel Lingga
Jl. Soekarno Hatta No.464, Batununggal, Bandung Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat
40266 Bandung Jawa Barat
Phone: 022) 7562980/7562981
Indonesia
Daerah: