TPA Leuwi Gajah

Berlokasi di antara dua wilayah, yakni antara Kel. Leuwi Gajah Kec. Cimahi Selatan dan Kel. Batu Jajar Timur Kec. Batu Jajar Timur, Leuwi Gajah ibarat tong sampah raksasa warga kota Bandung. Tempat Pembuangan Akhir ini beroperasi di atas tanah milik pemerintah daerah yang terletak di wilayah perbukitan terjal dengan kemiringan lereng lebih dari 30°.

Selama 18 tahun TPA ini setia menampung limbah padat yang tak pernah berhenti dihasilkan masyarakat. Leuwi Gajah beroperasi tahun 1987, setelah diresmikan oleh Menteri PU saat itu Ir. Radinal Muchtar. Total luas lahan TPA ini 17 Ha dan jaraknya sekitar 15 km dari pusat kota Bandung.

Awalnya TPA ini beroperasi dengan sistem semi control landfill, namun kemudian menjadi open dumping, yaitu sistem pembuangan secara terbuka pada lahan area landfill tanpa adanya penutupan tanah, karena kendala keuangan.

Tahun 2005 terjadi longsor gunung sampah di TPA ini dan menewaskan 95 orang. Kejadian ini menyebabkan Leuwi Gajah ditutup, dan tidak lagi digunakan sebagai TPA kota Bandung. Setelah longsor dan terjadi penumpukan sampah di kota Bandung, akhirnya pemerintah memutuskan untuk memindahkan tujuan akhir limbah kota Bandung ke TPA Sarimukti, yang terletak di Kabupaten Bandung.

Alamat: 
Leuwi Gajah
Leuwi Gajah
Kecamatan Cimahi Selatan, Kelurahan Batu Jajar Timur Kec. Batu Jajar Timur
Cimahi
id