Pantai Cibangban

3198.JPG

Foto: Garry Gumelar Pratama/PR
SECARA administratif, Pantai Cibangban berada di Desa Pasirbaru, Kec. Cisolok, Kab. Sukabumi. Seperti tertulis di gerbang masuk kawasan pantai, pengelola Pantai Cibangban adalah pemerintah desa setempat. Akses menuju pantai cukup mudah karena lokasinya berada di pinggir jalan raya dengan sebuah gapura berukuran besar. 
 
Sesampainya di pintu gerbang, pengunjung diharuskan membayar tiket masuk yang besarnya bervariasi, tergantung jenis kendaraan yang dibawa oleh pengunjung pada saat itu. Pada Kamis (5/9/2013) siang, suasana pantai terlihat cukup sepi. Bahkan, loket tempat pembelian tiket terlihat kosong tanpa penjagaan.
 
Pantai Cibangban merupakan salah satu pantai di kawasan Palabuhan Ratu yang kondisinya bersih, tanpa ceceran sampah. Pengunjung juga bisa bermain pasir dengan bertelanjang kaki tanpa khawatir terluka. Beberapa pengunjung yang jumlahnya tak banyak bahkan ada yang berenang di tepi pantai. Pemandangan ke arah laut dari tepi Pantai Cibangban dihiasi oleh puluhan kapal nelayan  yang terapung di lepas pantai.
 
Kawasan pantai wisata ini juga memiliki beberapa pos lifeguard yang siang itu nampak tidak terjaga. Menurut keterangan pemilik warung di kawasan Pantai Cibangban, hanya saat akhir pekan dan pada hari-hari libur saja pantai ini benar-benar dijaga. Fasilitas lain yang tersedia di sini antara lain kios-kios makanan, penyewaan papan seluncur serta tukang foto keliling. Beberapa kios makanan juga menyediakan kamar mandi untuk pengunjung yang ingin segera mambersihkan diri setelah berenang. (Dok. PR)
 

Lokasi

Desa Pasirbaru, Kec. Cisolok, Kab. Sukabumi

Pengelola

Pemerintah Desa Pasirbaru

HTM

Bus/truk                            = Rp 22.000,00 per unit

Minibus/angkot/sedan         = Rp 12.000,00 per unit

Roda dua                          = Rp  3.000,00 per unit      

Batas

Pantai Cibangban berbatasan dengan Kab. Lebak, Prov. Banten

 
Alamat: 
Pantai Cibangban
Desa Pasirbaru, Kec. Cisolok, Kab. Sukabumi
Sukabumi Jawa Barat
Indonesia