Pantai Citepus

3196.JPG

Foto: Garry Gumelar Pratama/PR
PANTAI Citepus bisa jadi merupakan pantai pertama yang akan ditemui setibanya di Palabuhan Ratu. Jalan yang melewati sepanjang pantai ini pun diberi nama Jalan Raya Citepus. Deretan penginapan, mulai dari pondokan kelas melati hingga hotel berbintang banyak dijumpai di sepanjang Jalan Raya Citepus ini. Tak lupa pula puluhan rumah makan dengan menu aneka seafood khas kawasan pantai yang berderet menghadap pantai.
 
Kendati bisa diakses dari beberapa titik, gerbang masuk Pantai Citepus sendiri ditandai oleh jajaran huruf berwarna merah yang membentuk nama pantai tersebut. Lokasinya tepat di seberang Kantor Desa Citepus. Beberapa penjual makanan menggunakan jajaran huruf tersebut sebagai tiang untuk mengikatkan tali yang menyangga tenda di atas gerobak jualan mereka.
 
Pada Jumat (6/9/2013) siang pantai dengan hamparan pasir di tepiannya ini tampak sepi. Hanya terlihat sekelompok pemuda bermain air dengan menjemput ombak kecil di pinggir pantai. Di kejauhan terlihat bangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Palabuhan Ratu. Tidak banyak kegiatan yang bisa dilakukan di sini. Dengan ombak yang tidak begitu besar, jarang sekali ada kegiatan selancar di sini. Pantai Citepus memang lebih sering digunakan sebagai sarana rekreasi seperti bermain pasir dan mengejar ombak di tepi pantai bersama keluarga atau kerabat dekat sambil menunggu moment sunset. (Dok. PR)
 
Alamat: 
Pantai Citepus
Desa Citepus, Kec. Palabuhan Ratu, Kab. Sukabumi
Sukabumi Jawa Barat
Indonesia