Pantai Karang Hawu

3195.JPG

Foto: Garry Gumelar Pratama/PR
JIKA pantai Cimaja dikenal dengan para peselancarnya, pantai Karang Hawu yang berada di Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi justru dikenal dengan kisah mistisnya. Di pantai inilah, konon Ratu Pantai Selatan yang dikenal dengan Nyi Roro Kidul itu menghabiskan waktunya untuk bertapa. Tak hanya itu, menurut warga setempat di tebing pinggir pantai Karang Hawu ini juga Nyi Roro Kidul terjun ke dasar laut untuk menyembuhkan penyakitnya.
 
Terlepas dari benar atau tidaknya cerita tersebut, kisah mistis yang sudah diketahui banyak orang ini tak lantas membuat para wisatawan takut untuk mengunjunginya. Malah di setiap akhir pekannya pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Setiap sorenya pun terkadang terlihat warga sekitar yang sedang memancing atau bermain bola di pinggir pantai. Sayangnya, pasir di pantai ini kurang bersih, banyak sampah yang berserakan mengotori keindahannya.
 
Dari atas pantai, tepat di antara jejeran huruf berwarna merah, pengunjung bisa melihat gugusan batu karang yang menyerupai hawu atau tungku di dekat tebing, tempat loncatnya Nyi Roro Kidul. Di batuan karang itulah banyak wisatawan yang mengabadikan momen liburannya dengan kamera ponsel atau kamera poket. Ada juga sebagian orang yang membasuh mukanya dengan air dari dalam cekungan batu-batu karang yang dipercaya dapat membawa berkah. Bahkan ada yang memasukkan air laut tersebut ke dalam botol untuk dibawa pulang. Air-air di dalam cekungan batu karang yang berasal dari hempasan ombak ini disebut dengan tujuh sumur.
 
Di atas tebing ini pula terdapat sebuah tempat petilasan Nyi Roro Kidul dan sebuah batu karang yang berbentuk kursi. Pantai yang sering dikaitkan dengan Nyi Roro Kidul ini tak hanya dijadikan sebagai tempat wisata alam, tapi kerap dijadikan tempat wisata spiritual. (Mayang Ayu Lestari/PDR)
 
Alamat: 
Pantai Karang Hawu
Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi
Sukabumi Jawa Barat
Indonesia