Pantai Karang Naya

3197.JPG

Foto: Garru Gumelar Pratama/PR
PANTAI Karang Naya berada dalam area Taman Wisata Alam (TWA) Sukawayana, berbatasan langsung dengan pantai di hadapan Hotel Inna Samudera Beach. Kawasan TWA Sukawayana seluas delapan hektare ini membentang mulai dari Masjid Istiqomah (di seberang Hotel Cleopatra) hingga batas Hotel Inna Samudera. Secara administratif, taman wisata alam ini berada di Kec. Cikakak, Kab. Sukabumi.
 
Sesampainya di pintu gerbang kawasan wisata, pengunjung diharuskan membayar tiket masuk sebesar Rp 2.000,00 per orang. Sebuah bangunan dengan spanduk berwarna hijau yang bertuliskan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Barat Bidang Wilayah Seksi Konservasi Wilayah II Sukabumi, akan Anda temukan di sebelah kanan setelah melewati gapura masuk. Rupanya kawasan ini berada dibawah koordinasi BKSDA yang dikelola pihak swasta yakni CV Batu Alam. 
 
Sayangnya, tidak banyak hal menarik yang bisa ditemukan di kawasan ini. Anda hanya akan menemukan beberapa warung makan dan penyewaan tikar. Selain tentunya pantai dengan deburan ombak yang bergulung silih berganti. Menyusuri pantai dengan pasir besi berwarna hitam ke arah kanan, Anda dapat melihat sebuah karang berbentuk wadah yang menjorok ke dalam, seperti tempat untuk menaruh buah-buahan. Menurut petugas BKSDA yang ada di lokasi, di Sukabumi sendiri wadah buah-buahan biasa disebut naya, sehingga pantai ini pun diberi nama Pantai Karang Naya. (Dok. PR)
 
Alamat: 
Pantai Karang Naya
Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi
Sukabumi Jawa Barat
Indonesia