Analisis Gender & Transformasi Sosial

MEMERANGI ketidakadilan sosial sepanjang sejarah kemanusiaan selalu menjadi tema menarik dan tetap akan menjadi tema penting dalam setiap pemikiran dan konsepsi tentang kemasyarakatan di masa mendatang. Dari pelbagai gugatan ketidakadilan tersebut, terdapat satu analisis yang mempertanyakan ketidakadilan sosial dari aspek hubungan antar jenis kelamin. Analisis yang dimaksud adalah analisis gender, suatu analisis yang menjadi alat gerakan feminisme.

Buku ini menyajikan secara sederhana apa sebenarnya analisis gender. Analisis dan teori gender, sebagaimana layaknya teori social lainnya seperti analisis kelas, analisis kultural, dan analisis diskursus adalah alat analisis untuk memahami realitas social. Sebagai teori, tugas utama analisis gender adalah memberi makna, konsepsi, asumsi, ideologi dan praktik hubungan baru antara kaum laki-laki dan perempuan serta implikasinya terhadap kehidupan sisal yang lebih luas (sosial, ekonomi, politik, kultural), yang tidak dilihat oleh teori ataupun analisis social lainnya. Namun dalam buku ini penulis tidak berambisi mengupas segala macam analisis sosial dari persepektif konsep gender. Penulis lebih berminat memaparkan pengertian kepada pembaca, yang bersifat pengantar, untuk memahami masalah-masalah emansipasi kaum perempuan dalam kaitannya dengan masalah ketidakadilan dan perubahan sosial dalam konteks yang luas.

Disajikan dengan jelas, lengkap dan sistematis, buku ini penting dibaca untuk memahami konsep kesetaraan gender, namun tentu saja harus dibarengi pemahaman mengenai aspek-aspek terkait, sehingga tidak menimbulkan kesalah pahaman dan kesalahan. Buku yang menarik untuk disimak. (PDR/Nia K. Suryanegara)