Balkot Festival 2012

Berawal dari tanggal 25 September yang merupakan tanggal Kelahiran Kota Bandung, sebagai peringatan “Pindahnya Kabupaten Bandung ke Bandung” bersamaan dengan pengangkatan Raden Suria menjadi Patih Parakanmuncang. Kedua momentum tersebut dikukuhkan dengan besluit (SK) tanggal 25 September 1810. Maka tanggal ini secara yuridis formal ditetapkan sebagai Hari Jadi Kota Bandung.

Peringatan hari ulang tahun pada tanggal 25 September sebagai tanda sejarah berdirinya Kota Bandung. Filosofi peringatan hari ulang tahun kota adalah upaya untuk retrospective, menengok masa lalu sebagai mata rantai sejarah sosio-kultural masyarakat yang menjadi landasan dinamika masyarakatnya, Introspective, sebagai sarana mawas diri, introspeksi atas apa yang telah dilakukan saat sekarang dan prospective, merancang masa depan berlandaskan akar cultural dan dinamika kekinian.

Berkaca pada serangkaian kegiatan peringatan hari Ulang Tahun Bandung yang telah dilaksanakan Event ini merupakan puncak dari rangkaian Ulang Tahun Kota Bandung yang ke 202.

Seiring dengan visi dan misi Kota Bandung sebagai “Kota Jasa Yang Bermartabat” maka peringatan yang berorientasi pada promosi eksternal diharapkan memiliki efek yang lebih luas bahkan diharapkan dapat membangun ikon event sebagai penguatan Kota Bandung sebagai Kota Jasa dan Pariwisata.

Ikon event inilah yang kemudian di beri judul BALAI KOTA FESTIVAL 2012 yang merupakan puncak acara peringatan HUT Kota Bandung, event tahunan berskala Nasional dan menjadi destinasi wisata yang memiliki multiplier effect bagi pengembangan kesejahteraan masyarakat.

 

(Nuky.S)