Buku Ajar Isu Tataran Kesehatan Masyarakat

(PRINFO), Masalah kesehatan merupakan masalah yang sangat penting yang dihadapi oleh masyarakat saat ini. Semakin maju teknologi di bidang kedokteran, semakin banyak pula macam penyakit yang mendera masyarakat. Hal ini tentu saja dipengaruhi oleh factor tingkah laku manusia itu sendiri. Tapi apakah benar hanya factor tingkah laku saja yang mempengaruhi derajat kesehatan masyarakat? Masalah kesehatan masyarakat adalah multikausal maka pemecahannya harus secara multidisiplin ilmu. Oleh karena itu kesehatan masyarakat sebagai seni atau prakteknya mempunyai bentangan luas. Inti sari ilmu kesehatan masyarakat bukan hanya berurusan ilmu sanitasi, teknik sanitasi, ilmu kedokteran kuratif, ilmu kedokteran pencegahan tetapi sampai dengan ilmu social yang menekankan pengorganisasian masyarakat dalam upaya mencapai derajat kesehatan masyarakat setinggi-tingginya.

Buku ini merupakan kumpulan materi tentang Isu Tataran Kesehatan Masyarakat yang terjadi di Indonesia. Dijelaskan dalam buku ini kebijakan kesehatan yang ada, cenderung dipengaruhi oleh arus informasi global, kebijakan kesehatan internasional disamping masalah-masalah kesehatan masyarakat nasional. Lebih lengkap diuraikan dalam buku ini isu dan trend kebijakan pembangunan kesehatan nasional saat isu lain yang berkembang baik di tingkat nasional dan global, seperti konsep ilmu kesehatan masyarakat, system kesehatan nasional, visi dan misi pembangunan kesehatan di Indonesia, jamkesmas, kota sehat, jampersal, sanitasi total berbasis masyarakat, usaha kesehatan sekolah, indeks pembangunan manusia dan millennium development goals, revitalisasi posyandu dan KMS, Sistem Jaminan Sosial nasional, Pemanasan Global, desa siaga serta emerging, re emerging dan new emerging disease.

Disajikan dengan jelas dan lengkap buku ini bisa menjadi referensi bagi mahasiswa, pengajar dan mereka yang tertarik tentang ilmu kesehatan masyarakat. (Nia K. Suryanegara. Pusat Data dan Riset)