Contextual Teaching & Learning : Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan dan Bemakna

(PRINFO), System pengajaran dan pembelajaram kontekstual (CTL) adalah sebuah system belajar yang didasarkan pada filosofi bahwa siswa mampu menyerap pelajaran apabila mereka menangkap makna dalam materi yang mereka terima, dan mereka menangkap makna dalam tugas-tugas sekolah jika mereka bisa mengaitkan informasi baru dengan pengetahuan dan pengalaman yang sudah mereka miliki sebelumnya. CTL tidak mengajak untuk mengesampingkan cara-cara pengajaran yang lain. CTL ditawarkan sebagai sebuah pendekatan holistic terhadap pendidikan yang dapat digunakan oleh semua siswa, baik yang sangat berbakat maupun sisw yang mengalami kesulitan belajar. CTL ditawarkan sebagai satu strategi yang sangat menarik diantara banyak metode pengajaran lainnya. Keampuhan CTL teletak pada kesempatan yang diberikan kepada semua siswa untuk mengembangkan harapan mereka, untuk mengembangkan bakat mereka, dan mengetahui informasi terbaru, serta menjadi anggota sebuah masyarakat demokrasi yang cakap.

Buku ini memaparkan dasar-dasar filosofi dari ilmu psikologi, ilmu saraf (neuroscience), dan fisika serta biologi modern. Dijelaskan dalam buku ini cara menggunakan system ini, dan memberikan banyak contoh cara yang dipakai oleh guru-guru yang sudah berhasil menggunakan CTL untuk membantu para siswa meraih keunggulan akademis. CTL bisa berhasil karena sesuai dengan nurani manusia yang selalu haus akan makna. CTL juga mampu memuaskan kebutuhan otak manusia yang sudha ada, yang merangsang pembentukan struktur fisik otak dalam rangka merespon lingkungan. CTL terdiri dari delapan komponen: membuat keterkaitan yang bermakna, pembelajaran mandiri, melakukan pekerjaan yang berarti, bekerja sama, berpikir kritis dan kreatif, membantu individu untuk tumbuh dan berkembang, mencapai standar yang tinggi, dan menggunakan penilaian autentik. Komponen-kompnen ini akan dijelaskan dan dijabarkan dengan lengkap dalam buku ini.

Disajikan dengan jelas, dan lengkap, buku ini penting dibaca para guru, dan mereka yang tertarik dunia pendidikan tentang pembelajaran dan pengajaran kontekstual yang melibatkan para siswa dalam aktivitas penting yang membantu mereka mengaitkan pelajaran akademisi dengan konteks kehidupan nyata yang mereka hadapi. Buku yang menarik untuk disimak. (Nia K. Suryanegara. Pusat Data dan Riset)