Daftar BPJS Kesehatan di Mall BIP dan IP

Bandung (PRINFO), Pertama di Indonesia BPJS Kesehatan Kanwil Jabar melakukan gebrakan dengan adanya pendaftaran Peserta Mandiri Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta mandiri, kerjasama dengan Lippo Grup sebagai rajanya mall di Indonesia.

Adanya keterbatasan waktu dan dipermudah dalam mendaftarkan diri bagi anggota keluarganya sebagai peserta JKN-KIS. Diantaranya pendaftaran melalui Care Center 1500-400 (kini masih Pilot Project) dan melalui berbagai Point of Service (POS) public area seperti Mall, Bank, PT POS, Kelurahan dan Kecamatan.

Hal ini dikatakan Kepala Divisi Regional V BPJS Kesehatan Jawa Barat Mohammad Edison, didampingi Kepala Cabang Utama Bandung, dr. Herman Dinata di Bandung Indah Plaza (BIP), Bandung, Jum’at (7/4/17).

 “Strategi ini, sebuah terobosan baru agar dapat memenuhi kepuasan dan kemudahan masyarakat yang ingin mendaftar, namun tak perlu mengantri di Kantor BPJS Kesehatan. Tentunya, kami mendorong perusahaan lain juga melakukan hal yang sama. Kami juga sangat berterima kasih kepada Lippo Grup, yang telah memberikan support-nya dengan memfalisitasi dan memberikan tenaga SDM-nya yang bertugas untuk melayani pendaftaran peserta, setiap hari Senin sampai Minggu pukul 11.00 - 20.00, tanpa dipungut biaya,” katanya.

Kerjasama dengan Lippo Grup ini, katanya, sebagai wujud nyata dukungan terhadap program pemerintah guna mempercepat pencapaian target kepesertaan JKN-KIS. Pendaftaran peserta BPJS Kesehatan melalui mall ini, telah efektif berjalan per 1 April 2017, dan untuk proses pendaftarannya sendiri terbuka bagi seluruh pengunjung mall yang berdomisili di Kota/Kabupaten Jawa Barat minus Jabodetabek.

“Peserta juga tak dikenakan biaya sepeser pun, kecuali pembayaran iuran pertama sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Hanya dengan melampirkan elektronik KTP (e-KTP), mengisi Daftar Isian Peserta (DIP) yakni nomor rekening Bank (BNI, BRI, Mandiri atau BTN), alamat rumah (untuk pengiriman kartu), alamat email, nomor HP yang bisa dihubungi dan memilih fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) serta kelas perawatan. Selanjutnya calon peserta akan mendapatkan nomor virtual account (VA) yang nantinya dikonfirmasi melalui SMS,” ujar Edison.

Setelah mendapatkan nomor VA, peserta diwajibkan untuk membayar iuran pertama yang harus dibayarkan paling cepat 14 hari dan paling lama 30 hari setelah VA diterbitkan. BPJS Kesehatan akan melakukan pengecekkan pada aplikasi kepesertaan yang akan menampilkan daftar peserta, yang telah melakukan pembayaran iuran pertama.

Setelah melakukan pembayaran iuran pertama, pihak BPJS Kesehatan akan mencetak dan mendistribusi kartu peserta JKN-KIS ke alamat yang telah di-input pada saat mendaftar di POS Lippo Grup.
Kerjasama yang dilakukan bersama BIP dan IP ini, sangat membantu upaya percepatan rekrutmen peserta di wilayah Jawa Barat. Dengan konsep One Stop Living City ini, masyarakat kelas atas tentunya juga menjadi target kepesertaan JKN-KIS. Hal ini sebagai pilot project pihaknya yang menyasar ke mall, dan yang bisa dilayani, hanya bagi peserta mandiri/PBPU, untuk Coorporate, untuk sementara belum bisa dilayani.

“Pendaftaran peserta JKN-KIS kini jadi sangat mudah, dan tak perlu mengantri di kantor cabang BPJS Kesehatan. Tentunya, juga tak perlu harus menunggu hari kerja, karena kanal pendaftaran terdapat saat akhir pekan bagi masyarakat Jawa Barat khususnya Bandung Raya. Calon peserta bisa mendaftarkan diri, sambil jalan-jalan (shopping) ke mall bersama keluarga,” papar Edison.

Sementara itu, Director Bandung Indah Plaza (BIP) dan Istana Plaza (IP), Didie S. Markibah, menjelaskan kerjasama ini merupakan wujud nyata dan komitmen Perusahaannya guna membantu Pemerintah. Hal ini, agar dapat mempercepat pencapaian target jumlah kepesertaan BPJS Kesehatan dan melakukan community development dengan menjembatani pelayanan masyarakat dalam memberikan kemudahan dan menyediakan fasilitas pendaftaran yang nyaman di Mall-nya.

“Kami sebagai Perusahaan yang mengelola pusat perbelanjaan di Jawa Barat terdapat 2 mall dan diseluruh Indonesia sebanyak 67 mall, merasa terpanggil dan siap mendukung program pemerintah JKN-KIS. Dengan memfasilitasi untuk menjadikan semua penduduk di Indonesia sebagai peserta Program BPJS Kesehatan,” jelasnya. (Donny Amantino Manap)***