Dari Kesehatan Hingga Pendidikan untuk Masyarakat

Beberapa tahun terakhir ini tumbuh fenomena bahwa dunia bisnis di tanah air menjadi lebih peduli terhadap lingkungan, seakan ingin menunjukkan bahwa dunia bisnis tidak hanya bermotif mencari keuntungan semata. Telah banyak perusahaan di Indonesia yang memberikan perhatian untuk dapat menjalankan program kepedulian sosial atau Corporate Social Responsibility (CSR). PT Bank Central Asia Tbk, (BCA) adalah salah satu bank yang peduli dan komit menjalankan program kepedulian sosial.

Klinik Kesehatan

Pada Februari 2012 yang lalu, Presiden Direktur BCA meresmikan kerjasama pengelolaan Klinik Duri Utara, yang memberikan layanan kesehatan dengan biaya yang relatif terjangkau dengan kualitas yang relatif baik. Peresmian tersebut merupakan salah satu bentuk implememasi program kepedulian sosial BCA dalam bidang kesehatan.

Layanan kesehatan melalui klinik bantuan BCA ini terletak di Jl. Duri Utara II No. 43 Duri Utara, Tambora, Jakarta Barat. Beberapa layanan kesehatan yang tersedia, antara lain pemeriksaan dan pengobatan umum bagi anak dan dewasa; layanan keluarga berencana dan pemeriksaan kehamilan; layanan pemeriksaan gula darah dan lain-lain. Sebagai ilustrasi, rata·rata jumlah kunjungan pasein dewasa dan anak ke Klinik Duri Utara mencapai 400 sampai 600 setiap bulannya.

Sampai saat ini, beberapa program kepedulian sosial dalam bidang kesehatan yang dilaksanakan BCA, antara lain: penyelenggaraan donor darah, sebagai salah satu upaya untuk turut memenuhi kebutuhan darah. Kegiatan ini diikuti oleh manajemen dan karyawan BCA selama periode 2011, kegiatan dilaksanakan 4 kali di kantor pusat maupun kantor cabang BCA di beberapa kota di Indonesia. BCA bekerjasama dengan SPBK - Perdami (Seksi Penanggulangan Suta Katarak - Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia) menyelenggarakan kegiatan operasi katarak secara cuma-cuma di beberapa lokasi. Diharapkan melalui kegiatan ini, BCA turut mengatasi permasalahan buta karena katarak. Selama periode 2011, telah dilaksanakan kegiatan operasi katarak, antara lain di Sumatera Utara, Sulawesi Utara dan Nusa Tenggara Timur.

Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

Medio Maret 2012 in], Komisaris BCA beserta Rektor Universitas Brawijaya (UB) meresmikan Pusat Pelatihan Program Diploma Perbankan UB, Malang. "Pusat Pelatihan ini merupakan sesuatu yang strategis dalam upaya menyiapkan sumber daya manusia yang siap bekerja, khususnya untuk kalangan perbankan atau lembaga finansial lainnya" kata Cyrillus Harinowo, Komisaris BCA. Sementara itu pada kesempatan yang sama, Prof. Dr. Ir. Yogi Sugito, Rektor Universitas Brawijaya Malang berpendapat bahwa, Pusat Pelatihan Perbankan tersebut sangat mendukung proses belajar mengajar pada Program Diploma Perbankan UB, Malang. Harapannya lulusan UB dapat menjawab tantangan selama kurun 25 tahun terakhir, yakni lulusan perguruan tinggi yang siap pakai. Karena ditunjang sarana dan prasarana yang memadai, dengan kurikulum yang terintegrasi, serta dibimbing oleh dosen dan pengajar yang berkualitas, dan melibatkan praktisi perbankan. Dalam pusat pelatihan ini mahasiswa bisa belajar menggunakan sarana sebuah perbankan seutuhnya di sebuah mini bank.

Selain hal tersebut, BCA mengembangkan Program Pendidikan Akuntansi (PPA) non degree, yang merupakan program pendidikan dalam bidang akuntansi non gelar setara Sl yang ditujukan kepada lulusan sekolah menengah atas atau setara yang berprestasi, namun memiliki kendala finansial. Proses belajar dilaksanakan di Training Center BCA, Jakarta, dibawah bimbingan pengajar yang profesional. Peserta PPA tidak dikenai biaya pendidikan dan tidak terikat ikatan dinas. Pada akhir tahun 2011, tercatat 235 peserta didik yang mengikuti PPA.

Selain PPA, BCA mengembangkan program Beasiswa Bakti BCA, yang diperuntukan bagi mahasiswa strata satu yang berprestasi namun memiliki kendala finansial agar dapat menyelesaikan pendidikannya, Selama periode 2011, BCA bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi negeri di Indonesia, seperti UI, Unair, IPB, ITB, Unpad, Undip, UGM, ITS, Unbraw, Udayana. Dalam kerjasama tersebut BCA menyalurkan beasiswa kepada 100 mahasiswa. Dalam pemberian beasiswa, BCA juga bermitra dengan Universitas Paramadina, ABFII Perbanas, dan Yayasan Karya Salemba Empat. BCA juga mendukung program pendidikan ramah anak Unicef. Sebagai bagian dari perbankan Indonesia, BCA juga aktif mendukung program edukasi perbankan "Ayo Menabung" yang diprakarsai oleh Pokja Edukasi Perbankan. Melalui program tersebut, diharapkan masyarakat lebih memahami perihal perbankan, produk serta layanannya. Seiring dengan tema 2011 "Gerakan Indonesia Menabung", BCA mensosialisasikan seputar produk tabungan dan manfaat menabung dibeberapa sekolah di Indonesia, seperti di Malang, Gunung Kidul, Serang, Lampung, dan beberapa daerah lainnya. (AE-014)***