#Donotsettle# Urban Explorations by 2 Architecs

(PRINFO), Shanghai merupakan salah satu kota terbesar di China yang menyuguhkan beragam pesona, mulai dari kebudayaan tradisional penduduknya hingga kemewahan modernitas masa kini. Shanghai adalah salah satu kota populasi terpadat di China yang kini menyandang kota cosmopolitan baru dengan infrastuktur lengkap. Gedung pencakar langit menjulang tinggi diantara rumah hunian yang memadati kota Shanghai.

Buku ini merupakan kumpulan foto karya Wahyu Pratomo dan Kris Provoost, yang berprofesi sebagai arsitek. Melalui buku ini penulis menyajikan arsitek kota, bangunan-bangunan, pemandangan (landscape), dan tata kota Shanghai tahun 2014. Foto-foto yang disajikan menampilkan perubahan yang cepat dan dinamika tata bangunan kota Shanghai. Gambar-gambar dalam buku ini menyiratkan Shanghai hadir dengan perubahan arsiteknya menjadi “megacity” sebagai paduan tempat hunian, sekaligus sebagai tempat kerja. Penghuni-penghuninya dipaksa untuk mampu menyesuaikan hidup harmonis di tengah perubahan besar di berbagai bidang kehidupan.

Disajikan dalam bahasa Inggris, dengan foto-foto yang menarik, melalui buku ini penulis mengajak kita untuk memperhatikan dengan penglihatan yang lebih dalam tentang perubahan cepat (rapid change) dan dinamika tata bangun Kota Shanghai juga perubahan budaya kehidupan kota, gedung pencakar langit menumbuhkan narsisme, mimpi dan utopia setinggi pencakar langit (sky craper) yang menjulang menggapai awan. (Nia K. Suryanegara. Pusat Data dan Riset)