Etika dan Estetika Dakwah

Dakwah sering dipahami secara keliru oleh beberapa kalangan, seakan mereka menganggap enteng permasalahan dakwah. Sikap tersebut kurang mengindahkan nilai-nilai kemaslahatan sebagai tujuan syariat Islam serta dampak yang mungkin ditimbulkan. Wawasan yang sempit dan pemahaman yang keliru tentang dakwah dapat menyebabkan kondisi apatis. Dakwah semakin marak, tetapi dalam waktu yang bersamaan kemaksiatan di tengah masyarakat terus meningkat. Padahal dakwah merupakan manifestasi ajaran Islam yang mulia. Dalam pelaksanaannya harus dilakukan dengan cara yang mulia, baik dan benar sehingga peluang serta harapan keberhasilandari dakwah menjadi lebih terbuka.

Buku ini membahas secara komprehensif berbagai kode etik dan moral Islam serta hubungan seni dalam menata kegiatan dakwah, baik dalam profesi penyiaran, bimbingan, manajemen, pengembangan masyarakat Islam yang menggunakannya disesuaikan dengan situasi serta kondisi dai dan objek dakwah.; bagaimana dakwah seharusnya dilakukan; dan bagaimana dai berdakwah sesuai dengan ketentuan-ketentuan ajaran Islam, pandangan para ulama, cita rasa masyarakat yang didakwahi; bagimana persoalan-persoalan dakwah dan perilaku dai yang bersumber realitas, dikaji, atau didiskusikan secara deskriptif, analitis serta evaluatif.

Disajikan dengan jelas, lengkap dan sistematis, buku ini dapat menjadi panduan dalam proses pelaksanaan dakwah sehingga penting dibaca oleh para praktisi dakwah dan mereka yang ingin mengetahui ilmu yang berkaitan dengan dakwah. (Nia K. Suryanegara/PDR)