Etnografi Virtual : Riset Komunikasi, Budaya di Internet

KEHADIRAN teknologi internet tidak hanya membawa perubahan salah satunya terhadap budaya (culture) di antara penggunaanya, tetapi juga perubahan itu menjadi objek kajian yang menarik untuk dieksplorasi. Pendekatan etnografi virtual yang mulanya muncul pada kajian antropologi, yang kemudian merambah ke bidang komunikasi dengan etnografi komunikasinya, kini menghadapi lapangan penelitian baru, bahkan objek yang juga baru, yang bersifat virtual, terpaku pada teks, dan bergantung pada perangkat teknologi itu sendiri.

Buku ini merupakan salah satu upaya untuk memandu bagaimana meneliti berbagai fenomena maupun kasus di media siber. Membahas teori etnografi virtual, realitas (budaya) di internet, isu-isu dalam riset etnografi virtual, paradigma dalam riset etnografi virtual, prinsip dan prosedur riset etnografi virtual, bagaimana melakukan riset etnografi virtual, serta contoh penggunaan etnografi virtual.

Disajikan dengan lengkap dan sistematis buku ini sangat bermanfaat tidak hanya untuk dosen, mahasiswa, atau peneliti, tetapi juga untuk praktisi dan mereka yang tertarik terhadap kajian di bidang llmu Komunikasi, Pemasaran, Public Relations, Jurnalisme, Sosial Budaya, maupun Politik. Buku yang menarik untuk disimnak. (Nia K. Suryanegara/Pusat Data Riset)