Four A Divergent Collection

(PRINFO), Buku ini merupakan novel karya Veronica Roth, penulis muda kreatif. Debutnya langsung menjadi fenomena dan mendapatkan beberapa penghargaan, antara lain Favorite Book of 2011, Best Young Adult Fantasy & Science Fiction 2012 dari Goodreads dan Best Goodreads Author. Dalam novel ini penulis menceritakan kisah rumit dan menarik mengenai seorang gadis remaja yang harus memilih antara keluarganya yang teratur dan tanpa pamrih dengan masa depan yang berani dan tak terkekang seperti impiannya selama ini.

Dikisahkan dalam novel ini dua tahun sebelum Beatrice Prior menentukan takdirnya, putra pemimpin Dauntless melakukan hal yang sama. Tobias Eaton berkhianat dari Abnegation, berpindah ke Dauntless, dan berubah menjadi Four. Berusaha mencari kebebasan dan memulai kehidupan baru yang bebas dari masa lalu. Ternyata di Dauntless pun Four masih meragukan pilihannya. Apalagi secara tak sengaja dia mengetahui persekongkolan antara pemimpin Dauntless dan Erudite. Sementara, sang ibu yang ternyata masih hidup menginginkannya bergabung dengan factionless. nHaruskah Four kembali berkhianat? Pantaskah faksi ‘tanpa pamrih’ yang ternyata menyembunyikan monster sekejam Marcus Eaton diselamatkan? Four dihadapkan pada pilihan sulit. Mungkinkah pengkhianatan memunculkan kebebasan?

Disajikan dengan paparan yang apik, penuh intrik dan ketegangan sekaligus kisah yang mengharukan dan penuh harapan novel ini menyajikan kisah yang menarik. Sebuah metafora mengenai ujian-ujian yang dijalani remaja modern dalam menentukan masa depan dirinya. Novel yang menarik untuk disimak. (Nia K. Suryanegara. Pusat Data dan Riset)