Gizi dan Kesehatan

GIZI adalah proses organism menggunakan makanan yang dikonsumsi secara normal melalui proses digesti, absorpi, transportasi, penyimpanan, metabolism dan pengeluaran zat-zat yang tidak digunakan untuk mempertahankan kehidupan, pertumbuhan dan fungsi normal dari organ-organ, seta menghasilkan energy. Ilmu gizi adalah ilmu interdisipliner yang mempelajari tentang pangan, zat gizi dan komponen pangan lainnya dalam kaitannya dengan kesehatan. Tubuh manusia selalu tumbuh dan berkembang sepanjang siklus daur kehidupan. Apa yang dikonsumsi akan memberikan bahan bakar untuk perkembangan tersebut dan memengaruhi pula kesehatan pada fase berikutnya. Orang sehat memerlukan zat gizi yang sama dalam daur kehidupannya, tetapi jumlahnya berbeda berdasarkan usia, pertumbuhan, dan perkembangan.

Buku ini memaparkan mengenai gizi dalam daur kehidupan. Ilmu gizi membahas segala sesuai tetang makanan dalam hubungannya dengan kesehatan tubuh yang optimal agar tidak mengalami penyakit gangguan gizi. Dijelaskan dalam buku ini pengertian kesehatan dari perspektif gizi. Hal ini karena kesehatan merupakan dampak dari fase sebelumnya dalam daur kehidupan.tubuh manusia. Gaya hidup yang salah dapat meicu berbagai penyakit dan merusak konsep gizi seimbang dan menggiring untuk pola makan tidak sehat.

Disajikan dengan jelas dan lengkap buku ini penting dibaca karena memberikan informasi penting tentang gizi, fase daur kehidupan, gaya hidup, berolah raga guna mempertahankan kesehatan. Buku ytang menarik untuk disimak. (Nia. K. Suryanegara)