Hadis Tarbawi

SEMENJAK lahir di dunia, Manusia telah memiliki potensi atau kekuatan yang akan membuatnya tumbuh sebagai manusia hebat dan berkembang menjadi sempurna. Orang tunyalah yang memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan potensi tersebut. Potensi manusia dalam Al Quran meliputi hati, akal, pendengaran dan penglihatan. Oleh sebab itu potensi ini harus diolah dan dipahami oleh orangtua dan pendidik, untuk diberi bimbingan menuju perkembangan secara menyeluruh yang meliputi berbagai aspek perkembangan mulai dari fisik jasmani, emosi, agama, kognitif intelektual, dan social yang harus diberi perhatian secara seimbang.

Buku ini berisi paparan mengenai berbagai ayat dan hadis yang berkaitan dengan pendidikan. Kemudian diuraikan guna memperoleh makna yang terkandung dalam ayat atau hadis tersebut. Lebih lengkap diuraikan dalam buku ini hadis mengenai pendidikan, perencanaan, tujuan, kurikulum pendidikan, metode dan dan media pendidikan, hadis sekolah dan madrasah, pendidikan social perspektif hadis nabi, dan pendidikan ruhiyah/dpiritual perspektif hadis nabi.

Disajikan dengan jelas, mudah dimengerti dan difahami, buku ini diharapkan dapat memberikan kemudahan dalam menyampaikan materi kepada anak didik sesuai dengan ajaran syariat. Buku yang menarik untuk disimak. (Nia K. Suryanegara/PDR)