Indahnya Keragaman

BUKU ini adalah kumpulan tulisan karya Sumanto Al Qurtuby, merupakan hasil dari “petualangan intelektual-spiritual” sejak di Amerika hingga Saudi. Hampir semua artikel dalam buku ini merupakan perjalanan dan pergumulan yang dilihat dan dialami penuils di berbagai tempat dan negara.

Dalam buku ini banyak topic yang dikemukakan perpaduan dari “catatan jurnalistik dan refleksi etnografis" yang dipengaruhi oleh pengamatan, pengalaman dan interaksi langsung penulis. Melalui penggambaran penulis, pembaca menjadi tahu tentang persamaan, dan perbedaan tradisi, kebudayaan, atau bahkan nilai-nilai keagamaan yang kita anut dan pegangi selama ini. Kita juga menjadi sadar tentang fakta pluralitas dan kemanusiaan yang melintas batas geografi cultural umat manusia. Melalui penggambaran pula, si pengembara, khususnya “pengelana budaya”, diharapkan menjadi lebih toleran, inklusif dan humanis. Dengan melihat fakta-fakta atau realitas keragaman kebudayaan dan kemanusiaan ini, kita diharapkan mengerti, memahami dan memdemani makna pentingnya prinsip-prinsip”relativisme budaya” (Cuktural Relativisme) di satu sisi serta menjauhi watak etnosentrisme di pihak lain, yakni watak yang merasa kebudayaan miliknya yang paling hebat sementara memandang inferior terhadap kebudayaan orang lain

Disajikan dengan bahasa yang sederhana mudah difahami , buku ini menggambarkan kemajemukan dan nilai-nilai kemanusiaan yang bisa dijumpai di mana-mana. Dari berbagai masyarakat di berbagai belahan dunia- apapu agama, kepercayaan, keimanan, dan suku bangsa mereka- kita bisa belajar banyak mengenai kearifan, kebijaksanaan, pluralism, cinta kasih, dan hal-hal posistif lainnya. Buku yang menarik untuk disimak. (Nia K. Suryanegara/PDR)