JAPFA4Kids Program Peduli Gizi

Kegiatan JAPFA4Kids telah Berlangsung sejak tahun 2008, hingga saat ini sudah diadakan di 18 Propinsi; dan 50 Kabupaten/Kota di Indonesia. JAPFA4Kids kali ini, diselenggarakan di 8 sekolah yang berada di Kec. Cibugel, Kab. Sumedang, Prop. Jawa Barat yaitu, SDN Cibugel, SDN Babakandesa, SDN Cijaha, SDN Pagelaran, SDN Nagrak, SDN Sukaraja, SDN Cicadas, dan SDN Kurnia. Melibatkan sejumlah 1.126 murid dan 97 guru. Dengan mengusung tema kegiatan ”Anak Indonesia Peduli Gizi”, JAPFA4Kids bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai tata kelola sekolah yang baik bagi para guru, memberikan pemahaman mengenai pola hidup bersih dan sehat serta pemahaman mengenai pentingnya asupan gizi bagi para murid.

Kegiatan berlangsung selama dua hari berturut-turut. Hari pertama, bentuk kegiatan berupa pelatihan 5S (Seiri/pilah, Seiton/tata, Seiso/bersihkan, Seiketsu/mantapkan, Shitsuke/biasakan) bagi para Kepala Sekolah dan Guru. ”Melalui peningkatan pemahaman akan tata kelola sekolah yang baik, dapat dipastikan bahwa kebersihan lingkungan sekolah akan menjadi baik. Begitu pula dengan tingkat kesehatan para murid. Sehingga diharapkan kegiatan pendidikan dapat berlangsung dengan lebih menyenangkan dan dapat berjalan dengan baik,” ujar Achmad Dawami, Kepala Divisi Broiler Wilayah 2, PT. Ciomas Adisatwa. Lalu JAPFA memberikan Pelatihan Dokter Kecil bagi 40 orang perwakilan murid dari 8 sekolah dasar tersebut. Materi yang diberikan dalam pelatihan adalah; Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS); Gizi; dan P3K.

Hari kedua, Rabu (19/09) para murid mengikuti “Gebyar Budaya JAPFA4Kids”, dengan bentuk kegiatan berupa; pemeriksaan kesehatan gratis; dan pembagian paket JAPFA4Kids . Pemeriksaan kesehatan dilakukan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan setempat.

“Status gizi baik dan optimal, terjadi bila tubuh memperoleh cukup zat-zat gizi yang digunakan secara efisien sehingga memungkinkan pertumbuhan fisik, perkembangan otak, kemampuan fisik, dan kesehatan secara umum. Namun hanya dengan status gizi yang baik tidaklah cukup untuk menuai potensi maksimal dari para calon penerus bangsa ini, mereka juga harus dibekali dengan pemahaman dan pengetahuan mengenai pentingnya kebersihan dan kesehatan. Oleh karena itu didalam pelatihan Dokter Kecil, kami memberikan tiga materi yang saling terkait dan menunjang tersebut” ujar R. Artsanti Alif, Head of Public Relations JAPFA. (AE 05/ Donny Amantino Manap)***