kegiatan Mudik Bersama BPJS Ketenagakerjaan kantor cabang Karawang

Kegiatan mudik gratis 1438 H bersama BPJS Ketenagakerjaan kantor cabang Karawang merupakan salah satu  bentuk kegiatan TJSL  (Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan) dalam rangka kepedulian dan empati  BPJS Ketenagakerjaan kepada peserta dan keluarganya yang akan melaksanakan mudik Idul Fitri 1 Syawal 1438 H, yang seluruh pembiayaannya ditanggung oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Disamping itu diadakan kegiatan “Employee Volunteering” swadana dari Karyawan BPJS ketenagakerjaan Cabang Karawang  berupa pembagian Takjil Gratis, santunan kepada 100 anak yatim (Polsek Karawang Kota, Koramil 0401 Karawang, Kel. Adiarsa Timur) dan paket sembako ke 3 panti asuhan (Yayasan Sweet Shodaqoh Karang Pawitan, Yayasan Rumah Harapan – Panatayuda dan Panti Sosial Asuhan Anak Daarul Hasanah)  

Pada hari jum’at 23 Juni 2016 Kegiatan ini terlaksana berkat bantuan dan dukungan semua pihak antara lain  dari Pemda Kabupaten Karawang dan jajarannya, Kepolisian, Perusahaan dan Tenaga Kerja Peserta BPJS Ketenagakerjaan, Wadah/Penggerak BPJS Ketenagakerjaan,  Serikat Pekerja, Kadin, Apindo, Asosiasi HRD GA yang ada di Karawang. Sebagai informasi kegiatan mudik ini merupakan kali ketiga, yaitu Tahun 2014, tahun 2016 dan 2017 yang di laksanakan di Kantor Cabang Karawang.

Peserta Mudik Bersama BPJS Ketenagakerjaan sebanyak 1.005 orang  dengan 27 Bus terdiri 208 peserta dari Cabang Purwakarta  dengan 6 bus dan  797 orang dari BPJS Ketenagakerjaan Karawang yang merupakan perwakilan dari 34 Perusahaan, 2 Wadah BPU, Jasa Konstruksi, Serikat Pekerja dan lain-lain dengan menggunakan 21 kendaraan ( 19 Bus Besar dan 2 Bus Sedang). Adapun Tujuan daerah mudik terbagi dalam  6 Jalur tujuan mudik  terdiri dari :

•    Jalur Lampung
(Kalianda, Tarahan, Rajabasa dan Metro) sebanyak 71 orang

•    Jawa Tengah  :
(Jalur Utara)  : Brebes – Tegal – Pekalongan – Semarang dan Solo sebanyak  212 orang
(Jalur Selatan) : Tasikmalaya – Cilacap – Kebumen - Purworejo dan Yogyakarta sebanyak 187 orang
(Jalur Tengah): Slawi–Purwokerto–Wonosobo–Temanggung–Magelang dan Solo sebanyak 116 orang

•    Jawa Timur  :
(Jalur Utara)  : Demak–Kudus–Pati–Rembang –Lamongan– Gresik dan Surabaya sebanyak 62 orang
(Jalur Utara tengah) : Semarang-Solo-Sragen- Ngawi- Nganjuk -Kediri-TlAgung-Blitar dan Malang sebanyak 149 orang

Sesuai UU No 40 Tahun 2004 Tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) dan UU No. 24 Tahun 2011 Tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), BPJS ketenagakerjaan saat ini menyelenggarakan 4 (empat) Program yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP) bagi seluruh pekerja baik pekerja formal maupun informal termasuk pegawai non ASN dan pelaku usaha online.

Data Kantor Cabang Karawang Per 31 Mei 2017 dapat kami laporkan sebagai berikut :

Jumlah Peserta Aktif BPJS Ketenagakerjaan sebanyak 1.995 perusahaan dengan 219.539 orang, sedangkan  Jumlah peserta Aktif Bukan Penerima Upah /Informal sebanyak 18.869 orang, diluar sekitar 120 perusahaan yang berlokasi di Karawang dengan 60 ribu tenaga kerja yang masih terdaftar di luar Karawang.

Fasilitas Kesehatan untuk menangani Kecelakaan Kerja tersedia 78 Rumah Sakit/ Klinik/Puskesmas
Jaminan /Hak Tenaga Kerja  Periode 01 Januari s/d 31 Mei 2017 BPJS Ketenagakerjaan Karawang telah membayarkan sebesar Rp. 115,87 milyar terdiri dari  JHT Rp. 105,7 M,            JKK Rp. 7,4 M,  JKM Rp. 2,5 M dan JP Rp. 188 juta

Semoga kegiatan yang Dilaksanakan bermanfaat bagi masyarakat.