Kunci Sukses Bisnis Online Abad 21

 

Bandung (PRINFO), Fenomena belanja online yang terjadi di Indonesia sejak 2014 membuahkan bermunculannya online shop yang memanfaatkan berbagai platform untuk memasarkan barang yang dijual. Mulai dari social media hingga situs-situs jual beli dengan masing-masing klasifikasinya, salah satunya platform khusus penjualan produk gadget atau fashion.

Tak ayal Facebook, Twitter, maupun Instagram juga seringkali dijadikan sebagai tempat berjualan. Online shop nyatanya juga dimanfaatkan oleh para pelaku UKM untuk meningkatkan penyebaran produk yang mereka jual. Sejalan dengan hal tersebut, Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga menyebut pada bulan Maret 2017 terdapat 132.000 lebih penduduk Indonesia telah menggunakan akses internet sebagai sarana komunikasi.Dengan itu, menurut Puspayoga, internet merupakan pasar yang potensial bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk memasarkan hasil usahanya.

Di samping itu, dibutuhkan lebih dari sekadar situs dan tampilan yang menarik untuk menjalankan bisnis online. Memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan adalah rumusan utama dalam mencapai kesukesan berbisnis. Kebanyakan dari online shop dijalankan oleh 1 hingga 2 orang untuk melakukan berbagai tugas, mulai dari merespon pertanyaan konsumen, melakukan administrasi agar memiliki pencatatan laporan yang terperinci, membungkus barang secara aman sebelum dikirim ke konsumen, hingga pergi ke tempat pengiriman barang. Bisa dibayangkan betapa repotnya seluruh tahapan yang dilakukan banyak online shop tersebut untuk mendapatkan kepuasan pelanggan?

Untuk itu, dibutuhkan sebuah solusi andal yang dapat membantu mereka agar bisa lebih fokus dalam mengembangkan bisnis mereka, yaitu sebuah jasa logistik dengan pelayanan terbaik. Jika pelayanan jasa logistik yang digunakan penjual tersebut seringkali terlambat dalam melakukan pengiriman atau (lebih parahnya lagi) barangnya hilang dalam proses pengiriman, bagaimana bisa menumbuhkan kepercayaan konsumen untuk melakukan pemesanan kembali kepada penjual tersebut?

Di tengah maraknya perusahaan jasa logistik di Indonesia menawarkan berbagai macam jasa pengiriman barang hadir sebuah inovasi mutakhir yang dapat membantu para pelaku bisnis yang membutuhkan jasa logistik terbaik dan terpercaya, yaitu etobee.

Mendukung industri lokal sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM), etobee selaku penyedia jasa logistik berbasis teknologi tinggi, menyelenggarakan sebuah workshop yang bertajuk “Peningkatan Bisnis Online melalui Sinergi Teknologi & Logistik” di beberapa kota besar di Indonesia. Dimulai dari Jakarta, lanjut Bandung, Surabaya, Medan, Denpasar, dan kota besar lainnya, roadshow workshop ini di yakini dapat memberikan pemahaman mendalam bagaimana sinergi teknologi dengan logistik mampu menjadi kunci sukses dalam meningkatkan bisnis online yang tengah dirambah oleh para pelaku UKM di Indonesia.

Dalam rangka mensosialisasikan betapa pentingnya sebuah jasa logistik tepercaya dalam sebuah bisnis, etobee menyelenggarakan workshop roadshow di mana akan mengundang para pebisnis online shop maupun pebisnis tradisional untuk mendapatkan pemahaman mendalam mengenai cara memajukan bisnis di abad 21.

Workshop telah dimulai di Jakarta pada 10 Agustus 2017, lalu dilanjutkan di Bandung pada 16 agustus 2017, Surabaya pada 23 & 24 agustus 2017, dan lanjut di beberapa kota besar lainnya, seperti Medan dan Denpasar pada bulan September 2017. (Donny Amantino Manap)***