Media Sosial Perspektif Komunikasi

GLOBALISASI mengakibatkan kemajuan pengetahuan dan teknologi. Salah satunya adalah internet yang merupakan bagian dari teknologi yang canggih, yang di dalamnya terdapat berbagai macam media sosial. Media sosial ini adalalah sarana komunikasi sosial secara online di dunia maya. Media sosial ini memberikan pengaruh besar terhadap masyarakat. Pengaruhnya yakni media sosial sebagai media komunikasi memberikan akses kepada seseorang untuk menjadi bagian dari masyarakat jejaring (networking society) tanpa batasan-batasan demografis, budaya, sosial dan sebagainya. Media sosial juga berguna sebagai media eksistensi diri. Masyarakat yang menggunakan media sosial dapat menyebarkan informasi sebuah peristiwa yang terjadi di lapangan bahkan yang baru terjadi beberapa detik lalu.

Buku ini berisi paparan mengenai media sosial secara teori maupun praktik. Dijelaskan dalam buku ini bahwa kehadiran media social merupakan salah satu penanda determinasi dari perkembangan teknologi dan internet di tengah kehidupan manusia. Fenomena media sosial memberikan sisi berbeda, kemajuan teknologi dan perangkatnya menyebabkan komunikasi dan hubungan dengan orang lain semakin banyak serta luas. Akan tetapi dalam konteks lain, hubungan itu sekedar jaringan teknologi. Tidak ada keintiman dan kedekatan diantara orang-orang yang terhubung sebagaimana yang ada di dunia nyata. Lebih lengkap dipaparkan pula dalam buku ini teori-teori media social, jenis-jenis media sosial, implikasi media sosial, budaya digital di media sosial, hukum dan etika di media sosial.

Disajikam dengan jelas, dan dilengkapi dengan beberapa data dan contoh menjadikan buku ini penting dibaca para akademisi, praktisi dan mereka yang tertarik pada kajian di bidang ilmu Komunikasi, Pemasaran, Public Relations, Jurnalisme, Sosial, Budaya maupun Politik. Buku yang menarik untuk disimak. (Nia K. Suryanegara/PDR)