Metode Penelitian dan Statistik

(PRINFO), Ilmu pengetahuan alam bermula dari rasa ingin tahu manusia. Manusia memiliki rasa ingin tahu yang besar. Baik itu alam sekitarnya, bulan, bintang, dan matahari yang dilihatnya, bahkan ingin tahu tentang dirinya sendiri. Dengan rasa ingin tahu ini pengetahuan manusia dapat berkembang. Perkembangan rasa ingin tahu itu selalu dimulai dengan pertanyaan “apa” (what) tentang segala sesuatu yang dilihatnya. Kemudian dilanjutkan dengan pertanyaan “bagaimana” (how) dan “mengapa” (why). Pertanyaan- pertanyaan seperti ini telah tumbuh sejak kanak-kanak. Sifat keingintahuan manusia yang besar menciptakan ilmu pengetahuan. Perpaduan antara ilmu pengetahuan dan penelitian sangat erat. Ilmu dan penelitian diibaratkan sebagai dua sisi mata uang yang sama. Penelitian itu sendiri, erat kaitannya dengan statistic karena merupakan metode ilmiah yang digunakan saat melakukan penelitian.

Buku ini berisi uraian lengkap mengenai metode dan jenis penelitian, fungsi statistika dan penyajian data, pengukuran, dll. Dijelaskan dalam buku ini metode ilmiah merupakan prosedur dalam mendapatkan pengetahuan yang disebut ilmu. Metode ilmiah secara garis besar dapat diuraikan dalam beberapa langkah. Salah satunya persyarakat penting dalam mengadakan kegiatan penelitian adalah mengikuti konsep ilmiah, yaiytu sejak awal sampai akhir penelitian harus men gikuti prosedur yang telah ditetapkan yaitu prinsip dasar yang digunakan untuk memperoleh ilmu. Penerapan metode ilmiah mengikuti urutan kegiatan sebagai berikut yaitu menentukan adanya masalah yang perlu dipecahkan, merumuskan masalah penelitian, menetapkan hipotesis penelitian, adanya metodologi penelitian, pengujian hipotesis penelitian dan argumentasinya, kesimpulan dan tindak lanjut hasil penelitian.

Disajikan dengan jelas, lengkap dan sistematis, buku ini penting dibaca para mahasiswa dan peneliti bidang pendidikan, ekonomi, manajemen, psikologi, hukum, teknik, lingkungan dan ilmu social lainnya guna memperdalam pengetahuan metode penelitian dan penerapannya dalam statistic. (Nia K. Suryanegara. Pusat Data dan Riset)