Panduan Belanja Liburan Cerdas

Belanja online menjadi aman dan mudah dengan daftar ini

Mungkin hal ini terjadi pada anda. Anda melihat kalender dan menyadari bahwa tahun baru akan datang sebentar lagi. Anda perlu untuk membeli barang-barang kebutuhan serta hadiah-hadiah namun tidak memiliki banyak waktu untuk mendapatkan semuanya. Berkat teknologi, terutama internet, hari-hari dimana anda direpotkan dengan mencari tempat parkir, menunggu antrian lama dan membawa pulang tas belanjaan berat pun hilang. Sekarang hampir semuanya bisa dibeli secara online.

Namun, sebelum anda membeli secara online, periksalah berikut ini tips dari Opera Software, pembuat browser web Opera untuk komputer, ponsel dan lainnya, untuk memastikan anda mendapatkan belanja yang mudah dan yang paling penting pembelian online yang aman.

1. Pastikan anda mempunyai versi browser terbaru sebelum anda berbelanja online. Ada banyak alasan bagus untuk menjalankan versi terbaru, seperti meningkatkan perlindungan terhadap ancaman apapun yang terdapat dalam website yang anda kunjungi. Dengan setiap upgrade terbaru hadir dengan system keamanan yang lebih baik dan aman. Di browser web Opera, fitur auto-update memungkinkan anda untuk memiliki versi browser terbaru yang ada.

2. Tidak semua halaman situs seperti yang mereka katakan. Ada kemungkinan terkena virus atau malware ketika berbelanja online. Dengan Opera anda tidak perlu khawatir lagi. Dengan perlindungan penipuan dan malware dari Opera memungkinkan anda mendapatkan peringatan tentang halaman mencurigakan dan hal ini diaktifkan secara otomatis. Perlindungan ini akan memeriksa halaman yang anda minta terhadap database website yang sudah diketahui melakukan phishing dan malware.

3. Anda juga dapat menginstal keamanan tambahan seperti WOT (Web of Trust) di browser anda. WOT membantu anda untuk tetap waspada terhadap semua situs berbahaya sehingga anda dapat menghindari masalah ketika anda sedang online. Warna hijau menunjukkan bahwa situs aman untuk dikunjungi, kuning memberitahukan pengguna bahwa mereka perlu berhati-hati, sementara merah menunjukkan situs yang tidak aman. WOT bekerja dengan sangat baik dengan browser web Opera dan sepenuhnya gratis.

4. Periksa apakah website aman sebelum melakukan pembelian apapun. Pada halaman pemesanan, pada bagian atas layar anda dimana halaman website terlihat, anda seharusnya melihat https://. Huruf “s” ditampilkan setelah “http” menunjukan bahwa website tersebut aman. Anda terkadang tidak dapat melihat huruf “s” sampai anda benar-benar berada pada halaman pemesanan sebuah situs.
Anda juga dapat melihat kolom alamat di browser anda untuk menemukan gembok tertutup atau simbol kunci tak terputus yang menunjukkan bahwa situs tersebut mempunyai tingkat keamanan yang baik. Namun jika simbol gembok tersebut terbuka atau simbol kuncinya rusak, anda harus menganggap situs tersebut tidaklah aman. Jaminan terbaik dari identitas sebuah situs disediakan oleh sertifikasi Extended Validation (EV). Situs-situs EV ditunjukkan oleh lencana keamanan berwarna hijau dengan gembok didalam kolom alamat.

Langkah lainnya, anda harus selalu mengecek kebijakan kerahasiaan. Sebuah situs seharusnya memberitahu anda tentang informasi pribadi apa yang dikumpulkan oleh operator, kenapa, dan bagaimana mereka menggunakan informasi tersebut. Jika anda tidak dapat menemukan kebijakan kerahasiaan – atau jika anda tidak dapat mengerti hal itu – pertimbangkan untuk melakukan transaksi anda di situs lainnya yang lebih mudah dimengerti.

5. Sekarang anda telah mengecek status keamanan sebuah situs, anda harus mengkonfirmasi kepada penjual tentang alamat dan nomor telepon anda. Sederhananya untuk mengetahui dengan siapa anda bertransaksi. Ini untuk berjaga-jaga jika anda menemui masalah nantinya. Atau jika anda tidak mau mengambil resiko, belanjalah di situs yang sudah anda kenal atau sudah dipercaya.

6. Lakukan beberapa riset sebelumnya tentang barang yang mau anda beli. Mempunyai informasi yang cukup tentang sebuah barang yang ingin anda beli, seperti nomor model, dimensi, ketersediaan warna, dan lainnya, akan membantu anda dalam membandingkan “apel dengan apel” dengan beberapa penjual dan pastikan anda mengetahui apa yang akan anda beli dan berapa harganya.
Bacalah penjelasan penjual tentang produk tersebut secara jelas dan periksa beberapa situs lainnya atau penjual yang menawarkan harga dan pengiriman untuk membandingkan. Beberapa penjual mungkin mempunyai harga pengiriman yang lebih murah atau bahkan gratis pada saat pembelian di musim liburan.

7. Luangkan waktu sejenak untuk membaca tanggapan dari pembeli-pembeli lainnya tentang penjual. Lihalah tanggapan yang dinilai tinggi. Mendapatkan opini kedua selalu merupakan ide yang baik sebelum membelanjakan uang anda.

8. Kemudian ketika anda akhirnya menemukan barang terbaik dari sisi harga dan anda siap untuk menekan tombol “beli”, periksalah syarat dan kondisi. Apakah mereka mempunyai kebijakan pengembalian jika anda tidak puas? Jika iya, siapakah yang akan membayar biaya pengiriman kembali? Cetak dan simpan transaksi daring anda untuk bukti, termasuk semua email dari dan ke penjual jika sewaktu-waktu anda butuhkan.

9. Hanya lanjutkan dengan pembelian jika anda yakin dan nyaman dengan metode pembayaran, karena uang transaksi online selalu beresiko – sekali hilang maka akan hilang. Jika anda memilih untuk membayar melalui internet banking, pastikan anda mengetik semuanya secara benar. Periksa kembali sebelum anda melanjutkan ke langkah berikutnya. Lebih baik aman daripada menyesal.

10. Selalu jaga informasi pribadi anda. Hanya sediakan informasi kartu kredit anda dalam lingkungan yang aman dan jangan pernah membagi kata kunci atau nama pengguna kepada siapapun. Ingat: bukan hanya anda yang menikmati belanja online tapi juga para scammer. Jika anda mempunyai masalah atau melakukan sesuatu yang salah pada saat bertransaksi, cobalah untuk menyelesaikan hal tersebut dengan pihak penjual, pembeli atau operator situs secara langsung.

Berbelanja dapat menjadi tugas cukup sulit. Dengan semua ketersediaan dengan hanya satu klik, berbelanja online bisa membuat hidup anda menjadi lebih mudah. Kesadaran akan yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan adalah kunci untuk membuat pengalaman berbelanja online anda menyenangkan. Mudah-mudahan tips ini dapat membantu anda. Selamat berbelanja online yang aman.dan tentunya selamat liburan semuanya!
*(Nuq)

Sumber : ( Agnes/Eka/Heny, Opera Software )