Pedoman Asrama Berkarakter

Pondok pesantren modern merupakan salah satu model pendidikan yang dewasa ini menjadi salah satu pilihan para orang tua untuk menitipkan anak-anaknya dalam pembinaan kognitif, afektif dan psykomotoriknya. Banyak orang tua berharap pendidikan berkarakter akan mampu melahirkan seseorang yang dapat menjadi agen of change atau menjadi teladan yang akan dapat membawa dampak kepada kehidupan yang lebih baik, pribadi yang disiplin, jujur, ikhlas, amanah, dan bertanggung jawab.

Buku ini berisi paparan mengenai pedoman bagi para wali siswa dalam membentuk karakter santri. Dijelaskan dalam buku ini selain rumah sebagai tempat pembinaan awal anak dalam mewujudkan pribadi unggul berkarakter, maka tempat lain yang menjadi tempat kawah candradimukanya pendidikan berkarakter adalah sekolah. Sekolah yang baik adalah sekolah yang mampu membentuk pribadi unggul berkarakter yang teraplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan yang diberikan tidak hanya sebagai konsep semata tetapi nyata dalam kehidupan menjadi karakter yang unggul. Lebih jelas dipaparkan pula dalam buku ini pedoman asrama berkarakter rapih, resik dan sehat, administrasi wali santri, bimbingan santri, role mode beberes, job desk wali santri, wewenang, jam kerja, dan ukuran keberhasilan wali santri.

Disajikan dengan jelas, lengkap dan mudah difahami. Dengan membaca buku ini diharapkan kepatuhan dan kedisiplinan dapat menghantarkan menjadi pribadi yang berkarakter, jujur, amanah, bertanggung jawab juga mempunyai ketaatan tinggi terhadap Allah dan Rasulnya. (Nia. K. Suryanegara/PDR)