Pemimpin Langit Yang Membumi

KEHADIRAN sebuah kepemimpinan dalam kehidupan manusia merupakan kebutuhan buat manusia itu sendiri. Kepemimpinan itu wajib ada, baik syar’i ataupun secara ‘aqli. Kepemimpinan bagi seorang muslim adaah sebuah aqidah/sebuah keyakinan sebuah kemestian yang harus ada, sebab keberadaannya merupakan jalan menuju rahmat dan magfirah Allah SWT. Hal ini bisa dilihat dari begitu banyaknya ayat dan hadits Nabi Shalallahu ‘Alaihi Wassallam yang membahas tentang ini. Hal ini bisa dimengerti. Karena pemimpin merupakan salah satu faktor yang sangat besar pengaruhnya terhadap kehidupan suatu masyarakat.

Buku ini memaparkan tentang pentingnya kepemimpinan dalam Islam. Dijelaskan dalam buku ini bahwa kepemimpinan dalam Islam sangat memegang peranan penting dan menjadi pusat berjalannya Islam Itu sendiri, ketidak adaanya menunjukkan ketidak adaan Islam itu sendiri, dan barang siapa mati dalam keadaan tidak memiliki kepemimpinan maka matinya dalam keadaan jahiliyah sekalipun mereka sholat dan shaum. Lebih lengkap dipaparkan dalam buku ini dalil-dalil dan ayat-ayat Al Quran dengan topic kepemimpinan. Sosok pemimpin langit yang membumi adalah sosok seorang pemimpin yang menyadari tugas dan fungsinya sebagai kalifah. Dipaparkan pula dalam buku ini contoh-contoh pemimpin langit yang membumi, karakter pemimpin bumi dan karakter yang tidak boleh ada pada seorang pemimpin.

Disajikan dengan jelas dan lengkap buku ini penting dibaca dan difahami agar umat Islam peduli dan memahami dalam memilih dan menjaga kepemimpinan. Buku yang menarik untuk disimak. (Nia. K. Suryanegara/PDR)