PESONA SANSEVIERIA

Melihat penampilan jenis tanaman hias seperti pada gambar di atas, boleh jadi anda pernah melihatnya di suatu tempat. Ya, di tengah masyarakat kita jenis tanaman hias ini sudah lama dikenal dan dijadikan sebagai penghias teras atau pekarangan rumah. Jenis tanaman hias ini sangat banyak ragamnya, ada yang berukuran pendek, ada yang panjang, ada yang berdaun pipih, dan ada yang berdaun silindris (membulat membentuk seperti batang). Umumnya orang menamai  jenis tanaman ini dengan sebutan lidah mertua, mungkin karena karakter daunnya yang panjang dan menjulur, kemudian diibaratkan orang seperti lidah mertua yang bawel (wallohu alam bisawab). Dalam literaturnya jenis tanaman hias ini dikenal dengan nama “Sansevieria” termasuk ke dalam golongan tanaman sekulen (tahan akan kekeringan).

MENJADI SIMBOL POSITIF

Tanaman familia agave yang juga masih termasuk keluarga kaktus banyak dipercayai orang sebagai tanaman keberuntungan. Bebarapa penyuka tanaman hias ini memyakini dengan menanam Sansevieria akan membawa berkah, karena tanaman yang mudah tumbuh ini dilambangkan sebagai sumber kesuburan dan mudah rezeki. Sedangkan kemampuan akar dan anakannya yang mampu menembus tanah yang padat melambangkan kekuatan. Kekokohan dan kekompakan bentuk daunnya melambangkan keteguhan dan kekukuhan pemiliknya.

MUDAH TUMBUH

Sansevieria sangat mudah tumbuh, sekalipun di ruangan yang minim cahaya atau pada tempat yang mendapat cahaya penuh. Tetap tumbuh pada kondisi kering sehingga jika beberapa hari tidak disiram pun tanaman ini masih mampu tumbuh. Tidak banyak memerlukan pupuk sehingga tidak diperlukan pemupukan yang terlalu sering. Media tumbuhnya hanya memerlukan media pasiran tanpa harus meramu media yang lebih khusus.

PENGHIAS RUANG, ORNAMEN, DAN PELENGKAP

Cocok sebagai tanaman penghias ruangan dan sebagai ornamen atau pelengkap taman yang diwujudkan sebagai rangkaian khusus.

SEBAGAI OBAT TRADISONAL

Beberapa jenis tanaman Sansevieria ternyata juga dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisonal. Contohnya Sansevieria Trifasiata Lorenti sebagai obat diabetes, caranya satu lembar daun tanaman tersebut dipotong-potong dan direbus dengan air tiga gelas. Setelah direbus hingga air tinggal satu gelas kemudian diminum. Dapat juga digunakan sebagai obat ambein. Caranya satu lembar daun yang telah dikeringkan direbus dengan tiga gelas air, dibiarkan mendidih sampai air tinggal satu gelas selanjutnya diminum.

PENYERAP RACUN

Polusi dari asap rokok juga mampu dinetralisir oleh tanaman Sansevieria. Oleh karena itu keberadaan tanaman Sansevieria di dalam ruangan sangat baik karena akan mampu menyerap asap rokok. Sansevieria juga sering diletakan di pojok-pojok dapur maupun di pojok kamar mandi untuk meredam bau yang tidak sedap

Tanaman jenis yang satu ini banyak dijual di tempatpe penjual tanaman hias, terutama penjual tanaman kaktus. Namun bila ingin memperoleh keterangan yang lebih mendalam mengenai tanam ini disarankan mencari pada penghobi atau nursery yang banyak di kota Bandung maupun di daerah Lembang. Selamat mencoba

Dikutip dari SERIAL TAMAN – SANSEVIERIA terbitan PT Prima Infosarana Media, buah tulisan Ir. Eddy Triharyanto M.P & Ir. Joko Sutrisno M.P

 

(Deden Heri – PR-INFO)

 

Foto Pesona Sanesvieria