Sekilas Universitas Widyatama

Universitas Widyatama adalah salah satu perguruan tinggi swasta di Indonesia berlokasi di kawasan Cikutra, Bandung. Universitas Widyatama berdiri sejak tahun 1973 (d/h STIEB) dan telah memiliki pengalaman selama puluhan tahun dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat luas.

Selain menyediakan program pendidikan diploma dan sarjana, Universitas Widyatama (UTama) juga membuka jenjang pendidikan pascasarjana.UTama juga membuka kelas Internasional Program (IP) yang bekerja sama dengan TROY State University, USA (Joint-Degree). Seluruh program studi/ jurusan, selain telah bersertifikat ISO 9001:2008 dari Badan Sertifikasi PT TUV Internasional Jerman, dan akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional, Ditjen DIKTI dalam penilaian Sistem Penjaminan Mutu 2008 dan 2009, telah menempatkan Universitas Widyatama dalam peringkat 50 terbaik di Indonesia sehingga menjamin kualitas layanan pendidikan yang mumpuni bagi seluruh mahasiswa.

Menuju World Class University, Universitas Widyatama terus menjalin kerjasama dengan institusi pendidikan lain, baik dalam dan luar negeri, antara lain Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjajaran (UNPAD), TROY State University Alabama-USA, Universite Paul Cezane d’Aix – Marseille III France, Universitat Paassau-Germany, Fachhochschule Osnabruek-Germany, Johannes Kepler University Linz-Austria, De La Salle Lipa-Philippines, San Beda College-Philippine, Universiti Industri Selangor-Malaysia, OPEN University Malaysia, RETI Malaysia, University Utara Malaysia, Geomatika Institute-Malaysia, Japan Foundation, Kinjo Gakuin University, Nagoya, Dongseo University, Busan Korea Selatan dan Ryukoku University, Jepang.

Mulai bulan Oktober 2011 secara resmi Universitas Widyatama tercatat sebagai anggota IAU (International Association of Universities), lembaga asosiasi dunia perguruan tinggi dibawah naungan UNESCO. Pada tahun 2013 ini Universitas Widyatama mendapatkan program Bidik Misi untuk 15 orang, tahun 2011 lalu mendapatkan Hibah Kerjasama Internasional dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi selain dari hibah penelitian dan kemahasiswaan. Tahun akademik 2011/2012 tercatat 327 mahasiswa mendapatkan beasiswa, di tahun 2010, Universitas Widyatama memberikan bantuan beasiswa penuh selama masa studi bagi siswa berprestasi namun kurang mampu dari daerah terpencil.

Penyediaan fasilitas pembelajaran yang mutakhir dan inovatif, didukung fasilitas teknologi informasi dan komunikasi untuk proses pembelajaran dan akses informasi akademik diantaranya layanan berbasis web yaitu e-learning, e-library, e-journal serta placement office (penempatan kerja) sebagai layanan purna studi bagi lulusan. Seluruh layanan internet dapat diakses di lokasi kampus, hotspot dan Wi-Fi yang disediakan secara gratis. Fasilitas stasiun TV (UTama TV) untuk komunitas, jejaring sosial (Twitter: @UTama dan Facebook:Universitas Widyatama) dan tabloid/majalah (KOMUNITA) sebagai media penyebaran informasi kampus.

Khusus layanan informasi akademik untuk mahasiswa, melalui e-campus yang bisa di akses di http://ecampus.widyatama.ac.id. Fitur layanannya meliputi: email, jadwal kuliah, jadwal ujian, daftar nilai, informasi kehadiran mahasiswa, memesan surat keterangan, daftar ujian sidang tugas akhir, berita serta tugas dari dosen. Semua informasi tersebut bersifat paperless dan dapat diakses darimanapun dan kapanpun. Mahasiswa dapat mengaksesnya dari rumah, war-net, fasilitas Wi-Fi dalam lokasi kampus yang disediakan gratis.

Di bidang kemahasiswaan tercatat prestasi baik tingkat propinsi dan nasional, diantaranya penghargaan dari Ditjen DIKTI untuk Program Kreativitas Mahasiswa Artikel Ilmiah (PKM-AI) dan Program Kreatifitas Mahasiswa Gagasan Tertulis (PKM-GT) 2010, Juara 1 Duta Batik Jawa Barat 2011 serta Cultural Exchange Program di Naseruan University, Thailand selama 3 bulan, Mahasiswa dan Dosen Prodi Teknik Informatika menciptakan program computer “Multi-Port SMS Gateway” dan terdaftar dalam Hak Cipta dari Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia pada tanggal 14 April 2011, serta Mahasiswa Prodi Teknik Informatika berhasil menciptakan Robot salah satunya Robot Angklung.
Lebih dari 10.000 alumni Universitas Widyatama tersebar dan terserap di dunia kerja terutama dunia perbankan, entrepreneurship, insurance, consumer good, IT, desain grafis dan masih banyak lagi yang menempati posisi penting terutama dunia perbankan dan bisnis.

Sebagai bentuk kepedulian Universitas Widyatama pada dunia pendidikan dan orangtua, Kami berusaha agar biaya studi ditetapkan sangat terjangkau (dapat dicicil 2x atau 4x) dibandingkan Perguruan Tinggi yang sekelas sehingga seluruh lapisan masyarakat dapat mengenyam Pendidikan Tinggi/kuliah. Selain itu kami juga memberikan beasiswa dari internal (Yayasan Widyatama) dan eksternal (diantaranya Bank OCBC NISP, PT. Ultra Jaya, DIKTI).