Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami

(PRINFO), Belajar dan mengajar para dasarnya adalah persoalan kompleks dalam dunia pendidikan yang memerlukan pengembangan secara terus menerus. Proses belajar mengajar yang melibatkan keberadaan guru dan murid adalah proses yang dikelilingi begitu banyak masalah. Bagaimana mengajar yang baik, metode apa yang mesti digunakan, bagaiman menciptakan suasana pembelajaran yang mendukung tujuan pembelajaran seperti apa yang mesti dicapai, dsb. Oleh karenanya penguasaan atas strategi belajar mengajar yang menyeluruh adalah wajib adanya bagi seorang guru.

Buku ini berisi paparan lengkap mengenai masalah belajar dan mengajar. Untuk melaksanakan tugas secara professional, guru memerlukan wawasan yang mantap tentang kemungkinan-kemungkinan strategi belajar mengajar yang sesuai dengan tujuan belajar yang telah dirumuskan. Lebih jelas lagi dipaparkan dalam buku ini konsep strategi belajar mengajar, hakikat proses belajar mengajar, komponen-komponen belajar mengajar, strategi menumbbuhkan motivasi belajar, belajar mengajar sebagai suatu system, membangun komunikasi dalam proses belajar mengajar, kompetensi guru dalam mengelola proses belajar mengajar, pengembangan tujuan pembelajaran, penggunaan media dalam proses belajar mengajar, evaluasi dalam proses belajar mengajar, pengembangan variasi belajar, teknik mendapatkan umpan balik, keberhasilan belajar mengajar, dan strategi belajar mengajar berdasarkan konsep islami.

Disajikan dengan bahasa yang mudah dimengerti dan difahami, disusun secara sistemastis dan dilengkapi dengan pembahasaan strategi belajar dan mengajar berdasarkan konsep umum dan islami, buku ini penting dibaca para mahasiswa pendidikan, para guru dan masyarakat umum yang peduli dan ingin memajukan pendidikan nasional. Buku yang menarik untuk disimak. (Nia K. Suryanegara. Pusat Data dan Riset)