Sumarmo ciptakan gerakan "Senam Bugar Parahyangan".

BANDUNG- Drs. Sumarmo (48 th) salah seorang PNS Dinas Pendidikan Kota Bandung, ciptakan "Senam Bugar Parahyangan". Gerakan senam yang menggabungkan antara gerakan senam kesegaran jasmani, seni tari, chacha, dan seni terapi ini ia ciptakan sematan-mata atas kecintaannya terhadap budaya Sunda, serta kepeduliannya terhadap kesehatan.

Menurut Sumarmo Senam Bugar Parahyangan sudah ia ciptakan sejak 2 tahun yang lalu dan sudah berhasil dilombakan. Untuk tahun ini lomba senam bugar parahyangan akan dilaksanakan tanggal 12 Desember 2012, memperebutkan Piala Ibu Wali Kota Bandung, bertempat di Gor Pajajaran. Katagori Lomba dibagi empat kelompok, yakni tingkat SD, PKK, SKPD, dan Umum. Lebih lanjut Sumarmo menjelaskan senam bugar parahyangan sebenarnya diciptakan untuk dimanfaatkan oleh seluruh lapisan masyarakat, khususnya bagi yang peduli akan kebugaran, hanya saja sosialisasinya sementara ini dilakukan melalui aktivitas kemasyarakatan di tingkat kecamatan dan kelurahan, "kami juga sudah menyiapkan gerakan senam untuk tingkat SD, karena mereka ini adalah anak-anak calon pemimpin masa depan, jadi kesehatannya atau kebugarannya harus dibina dan diterapkan sejak dini" kata Ketua Paguyuban Senam Bugar Parahyangan ini.

Masyrakat umum khususnya penyuka senam yang ingin mengetahui gerakan senam kebugaran parahyangan, atau ingin turut serta berlatih senam bugar parahyangan bersama bisa datang tiap hari Kamis di Lapangan Tembak Gor Lodaya Bandung, jam 11 s/d jam 13.00. Masyarakat juga bisa memperoleh "Video CD untuk latihan di rumah dengan cara dibeli di GOR Lodaya" ujarnya menutup obrolan pada Gebyar P2KB 2012 Kelurahan Cipadung Kidul Kota Bandung, Minggu 18/11/12 (Deden Heri / Donny Amantino Manap)***