Teknik Menulis Dakwah

PERKEMBANGAN teknologi komunikasi dan informasi dewasa ini telah jauh berkembang dan semakin beragam. Surat kabar, majalah, dan berbagai jenis media sosial semakin banyak. Dakwah pun kini tidak lagi dilakukan sebatas khotbah di masjid, musala, kantor, atau sekolah, tetapi tersebar melalui berbagai media massa, diantaranya media cetak dan berbagai jenis laman virtual, sehingga memungkinkan segmen dakwah lebih luas dan dapat dilakukan secara intensif. Melalui tulisan yang dikemas secara populer, pesan dakwah dapat tersebar serta diterima banyak kalangan. Dibandingkan lisan, tulisan memiliki kekuatan menabung pemikiran dari waktu ke waktu, mengoleksi pesan dari masa ke masa, serta mentrasformasi ide dan konsep dari generasi ke generasi. Tulisan ibarat tali pengikat pesan yang tak lekang oleh zaman dan waktu.

Buku ini memaparkan betapa pentingnya menulis dakwah, bagaimana teknik menulis, bagaimana meningkatkan kualitas tulisan dakwah, kiat mengirimkan tulisan, dan bagaimana mengembangkan kecerdasan penulis dakwah. Melalui buku ini penulis mengajak pembaca untuk menulis. Dijelaskan dalam buku ini bahwa menulis pada dasarnya merupakan upaya menuangkan segala informasi baik dalam bentuk pikiran, gagasan, perasaan, maupun pengalaman, kedalam bahasa tulisan. Secara specific buku ini dimaksudka nuntuk membangun tradisi dakwah baru yaitu dakwah lewat tulisan.

Disajikan dengan bahasa yang mudah dimengerti dan difahami buku ini penting dibaca oleh siapa saja yang ingin belajar menebar pesan dakwah melalui kehebatan tulisan dan keunggulan media cetak serta media sosial; juga bagi yang ingin mendaftarkan diri agar tercatat dalam lembar peradaban dan menghiasinya dengan nilai-nilai llahiyah. Lebih khusus bagi para dai, dosen, dan mahasiswa fakultas dakwah. Buku yang menarik untuk dibaca. (Nia. K. Suryanegara/PDR)