Workshop Pelatihan Inovasi Konten ajar digital Bandung Awan Pengetahuan

BANDUNG (PRINFO) Workshop Bandung Awan Pengetahuan Bandung Awan Pengetahuan ITB-LPIK beserta TELKOM, didukung penuh oleh DISDIK Kota Bandung menyelenggarakan pelatihan digitalisasi konten Ajar bagi guru se-kota Bandung. Pelatihan ini merupakan sebuah upaya guna meningkatkan kemampuan TIK bagi guru se-kota Bandung, sesuai dengan salah satu program pendidikan nasional yang dicanangkan untuk tahun 2013 ini. Pelatihan ini dibuka oleh Direktur Utama TELKOM, Arif Yahya dan Guru Besar Elektro ITB, Suhono Harso Supangkat.

Pelatihan ini memiliki tema”Workshop Bandung Awan Pengetahuan (BAP) : Pelatihan Inovasi Konten ajar digital”. Kegiatan ini berlangsung di AULA Timur ITB, tanggal 22 – 23 Mei 2013 dan dihadiri oleh 600-an guru di Kota Bandung . Workshop BAP ini merupakan pelatihan kedua yang diselenggarakan dalam even Bandung Awan Pengetahuan (BAP), dengan total peserta pada seluruh kegiatan Workshop BAP ini—yang diselenggarakan sejak 5 April 2013 -- adalah 900 guru.

Guru-guru peserta workshop merupakan pendidik dari beragam level pendidikan, mulai dari Taman kanak-kanak hingga Sekolah Menengah Atas.Peserta yang hadir tidak hanya datang dari kota Bandung, akan tetapi turut hadir guru-guru dari kabupaten Bandung hingga dari luar pulau Jawa. Peserta terjauh adalah guru dari salah satu SMA Negeri di kota Prabumulih, Palembang – Sumatera selatan.

Pada workshop ini, peserta dibekali kemampuan untuk mengolah materi ajar manual menjadi sebuah materi ajar digital yang bersifat interaktif, menarik minat siswa untuk belajar, dan dapat memberikan manfaat secara lebih luas bagi seluruh masyarakat pendidikan melalui media penyebaran website goesmart.com yang merupakan situs sosial media pendidikan Indonesia.

Kegiatan pelatihan ini merupakan salahsatu dari rangkaian kegiatan even Bandung Awan Pengetahuan yang telah dimulai pada tanggal 23 Maret 2013 hingga 20 Juni 2013 mendatang. Even Bandung Awan Pengetahuan (BAP) terdiri dari kegiatan Talk Show Pendidikan serta beragam lomba bertema pendidikan dengan Total Hadiah 105 juta Rupiah, dimana lomba ini diselenggarakan melalui media sosial pendidikan goesmart.com.

Even Bandung Awan Pengetahuan ini merupakan bagian dari sebuah program besar yang dinamakan Bandung Smart City. Dimana Bandung Smart City merupakan sebuah program peningkatan kualitas kota Bandung yang mencakup bidang pendidikan, kesehatan serta transportasi dan digagas oleh Prof. Suhono Harso Supangkat , guru besar Elektro ITB. Informasi penyelenggaraan kegiatan ini dapat di akses melalui situs sosial media pendidikan Indonesia goesmart.com.(Awan - BAP ITB/ Donny - PR Info)