5 Tempat Wisata Di Bandung Yang Melegenda

2771.jpg

Karang Setra
Foto: ARMIN ABDUL JABBAR/"PR"

DESTINASI wisata di Kota Bandung boleh saja makin beragam. Mulai dari wisata belanja, kuliner, berfoto-foto ria di kota tua - Jalan Braga dan Asia Afrika - hingga piknik ke taman-taman tematik. Akan tetapi, jangan dilupakan! Ada beberapa tempat pelesir yang sudah terlebih dahulu membuat anak-anak tertawa, menjadikan keluarga bahagia, menghibur serta menyenangkan hati warga kota. Hingga sekarang, tempat-tempat piknik tersebut bisa dibilang masih menjadi pilihan favorit sebagian masyarakat Bandung. Tidak berlebihan rasanya jika lima tempat piknik di bawah ini termasuk ke dalam tempat wisata yang legendaris.

  

1 Kebun Binatang Bandung

 

SALAH SATU objek wisata yang selalu ramai dikunjungi pada liburan Idulfitri di Kota Bandung adalah Kebun Binatang. Selain dapat melihat aneka satwa yang mencapai 218 jenis, pengunjung juga dapat menikmati sejuknya hawa di tempat ini. Tak heran, itu karena Kebun Binatang Bandung juga memiliki koleksi tumbuh-tumbuhan yang tidak sedikit. Beraneka tumbuhan langka dapat dijumpai di sini, salah satunya pohon mahoni badak setinggi 40 meter yang tumbuh di lahan sekitar pintu masuk Kebun Binatang di Jalan Tamansari.

2 Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution

Taman Lalu Lintas

TAMAN Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution (TLLAISN) merupakan wahana permainan bagi anak-anak yang bertahan selama puluhan tahun. Wahana di sana tetap bertahan di tengah makin banyaknya pilihan wahana permainan untuk anak di Bandung saat ini. Di area ini, sudah puluhan generasi menikmati rindangnya pepohonan dan sejuknya udara sambil mempelajari aturan berlalu lintas. Meski beberapa jenis permainan dibarukan, esensi kunjungan ke taman ini tetap sama, yaitu mengenal tata tertib lalu lintas.

3 Karang Setra Gelanggang Renang & Taman Rekreasi

Karang Setra

KOTA Bandung bagian utara yang sejuk memiliki sebuah wisata air yang sudah lebih dari setengah abad menjadi salah satu ikon, yaitu Karang Setra. Tempat tersebut dibangun pada periode 1950-an tepatnya pada 1954. Ketika itu, Karang Setra langsung masuk ke dalam jajaran kolam renang terbesar di antara negara-negara Asia Tenggara. Tak heran apabila presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno turun tangan langsung dalam acara peresmian Karang Setra.

5 Punclut

Punclut

 

SEJAK dekade 90an, kawasan Punclut telah menjadi salah satu tempat kegemaran warga Bandung berolahraga. Udaranya yang segar menjadi magnet untuk warga datang ke sana. Setiap Sabtu dan Minggu di pagi hari, jalan selebar empat meter itu disesaki orang-orang yang gerak jalan, bersepeda, atau berlari. Ada juga pasar dadakan di tepian jalan. Jadilah Punclut pusat keramaian di dataran tinggi wilayah utara Bandung.