Belum Ke Bogor Kalau Belum Mencicipi 5 Kuliner Ini

3175.JPG

E Saepuloh/PDR

KOTA Bogor dikenal sebagai salah satu daerah yang memiliki aneka kuliner lezat di Jawa Barat. Tak mengherankan jika nyaris setiap akhir pekan, Bogor disesaki oleh para pelancong dari berbagai daerah. Selain mengunjungi berbagai tempat wisata, tak sedikit pula yang sengaja datang untuk sekedar menikmati makanan khas kota hujan itu. Di antara sekian banyak kuliner di Bogor, lima tempat makan ini juga termasuk yang paling sering dikunjungi wisatawan.

1 Laksa Gg. Aut

Laksa Gg. Aut

SALAH satu penjual laksa yang cukup melegenda di Kota Bogor adalah Laksa Gg. Aut. Penjual laksa di sini hanya mengandalkan sebuah warung tenda sederhana dengan kapasitas ruang yang tidak besar, hanya cukup untuk sekitar lima orang saja.
 

2 Soto Kuning Bogor M Yusuf

Soto Kuning Bogor M Yusuf

SOTO kuning khas Bogor berbahan utama daging sapi. Ciri khas soto kuning khas Bogor, tentu saja terletak pada kuahnya yang berwarna kuning. Berbeda dengan aneka soto khas daerah lainnya yang biasanya berwarna putih atau bening. Salah satu penjual yang cukup populer di Kota Bogor adalah Soto Kuning Pak M. Yusuf yang berjualan di sebuah gerobak di pinggiran Jln. Suryakencana.
 

3 Rumah Talas Gurih 7 Kota Bogor

Rumah Talas Gurih 7 Bogor

RUMAH Talas yang merupakan “anak” dari Rumah Makan Gurih 7 ini telah beroperasi sejak November 2009. Beragam menu yang merupakan olahan talas bisa ditemukan di sini. Salah satu menu atau produk yang menjadi unggulan adalah Talas Roll, sejenis bolu gulung berbahan (tepung) talas dan berwarna keunguan. Terdapat tujuh varian rasa Talas Roll yang ditawarkan, yakni Strawbery, Nanas, Blueberry, Cream Cheese, Chocolate, Peanut Butter dan Mocca.
 

4 Venus Bakery - Roti Unyil

Venus Bakery

ROTI Unyil pertama kali dipopulerkan oleh Venus Bakery pada tahun 1992. Sesuai dengan namanya, yang membedakan Roti Unyil dengan roti yang biasa kita jumpai tentu dari ukuran rotinya yang memang kecil. Maksimal dengan dua kali gigitan, Roti Unyil langsung bisa dihabiskan.
 

5 Asinan Sedap Gedung Dalam, Kota Bogor

Asinan Sedap Gedung Dalam

KULINER khas Kota Bogor lainnya adalah asinan. Isi asinan Bogor bisa terdiri dari buah-buahan, sayuran, atau campuran buah dan sayuran yang diberi kuah cuka berwarna merah dengan rasa manis asam yang menyegarkan. Salah satu penjual asinan yang sudah melegenda di Kota Bogor adalah Asinan Sedap Gedung Dalam.