Bukan Cuma Maranggi, Purwakarta Juga Punya Kuliner Sedap Lainnya

3141.JPG

Foto: PB Indrakusuma/PDR

KABUPATEN Purwakarta memang kesohor dengan sate marangginya. Namun, primadona kuliner di sana bukan hanya itu. Beragamnya jenis makanan di Purwakarta bahkan membuat daerah yang terkenal dengan wisata Waduk Jatiluhur itu dianggap sebagai salah satu destinasi wisata kuliner di Jawa Barat. Tidak mengherankan jika banyak orang yang bekerja di Jakarta, Karawang, bahkan Bandung, sengaja datang ke Purwakarta untuk sekedar makan siang, mencicipi aneka kuliner di sana. Selain sate maranggi, berikut, tujuh makanan enak di Kabupaten Purwakarta.  

1 Ikan Bakar Mang Ade

IKAN BAKAR MANG ADE

MERUPAKAN salah satu ikan khas Jatiluhur, tak salah jika berbagai rumah makan di sekitar waduk buatan ini menjajakan panganan ini. Salah satunya adalah Ikan Bakar Mang Ade. Berdiri semenjak 1996, rumah makan ini merupakan salah satu yang tertua dan terbesar di Jatiluhur.
 

2 RM Ciganea

RM Ibu Ciganea

RUMAH Makan Ciganea didirikan oleh pasangan Raden Aisyah dan Raden Atik pada tahun 1982. Tempat legenda masakan sunda ini menyajikan menu seperti Ayam Kampung Goreng, Baby Fish, aneka pepes, sambel dan lalab sebagai menu utamanya.
 

3 Nasi Uduk & Ayam Kampung Goreng Pondok Hijau

Nasi Uduk & Ayam Kampung Goreng Pondok Hijau

TEMPAT makan ini dikenal dengan nama Nasi Uduk Pondok Hijau, dengan sajian khusus nasi uduk dan lauk pauk. Kelezatan nasi uduknya membuat warung yang didirikan oleh Nunu Nugraha tahun 1997 ini terkenal di Kabupaten Purwakarta. Hidangan andalan pelengkap nasi uduknya sendiri terdiri atas sambel tomat, sambel cabe, serta ayam kampung goreng dan ayam opor. Hidangan lain seperti sayur tahu, ayam opor, semur daging, balado telur, semur jengkol, ati ampela, dan aneka gorengan lainnya juga menambah keberagaman warung tenda satu ini.

4 Colenak Bendul

Colenak Bendul

SEBELUM peuyeum Bandung memiliki nama di kalangan para pecinta kuliner, peuyeum Bendul pernah menjadi incaran banyak pecinta makanan berbahan dasar singkong ini. Apalagi kala itu Purwakarta masih sering dilewati mobil yang melewati jalur Bandung – Jakarta dan sebaliknya. Tak heran jika peyeum Bendul sering dijadikan orang sebagai buah tangan oleh pengemudi yang berkunjung. Namun seiring dengan ramainya tol Cipularang, peuyeum Bendul pun mulai kehilangan pelanggan.

5 Restoran Terapung (Restoapung) Jatiluhur

RESTORAN TERAPUNG (RESTOAPUNG) JATILUHUR

MAKAN di tengah danau sambil menikmati angin sepoi-sepoi serta pemandangan berupa jajaran gunung, bisa ditemukan di Restoran terapung Kampung Air Jatiluhur. Lokasi restoran yang berada di tengah danau atau kira-kira 15 menit dari daratan, membuat tempat ini menjadi tempat makan yang unik yang menyajikan aneka masakan ikan segar yang langsung diambil dari Waduk Jatiluhur.
 

6 Manisan Pala Toko Oleh-Oleh

Manisan Pala Toko Oleh-oleh

TEPAT jika dikatan buah pala penuh manfaat. Selain bisa diolah menjadi sirup, manisan dan cemilan, pala juga bisa digunakan untuk menghangatkan badan, sebagai obat masuk angin, obat insomnia, serta untuk menambah nafsu makan. Air hasil rendaman pertama buah pala sendiri bisa digunakan untuk mengobati penyakit darah tinggi, sementara kulit buah pala dijadikan obat dan bijinya digunakan sebagai bahan bumbu masakan.
 

7 Soto Sadang Purwakarta

Soto Sadang Purwakarta

SELAIN sate maranggi, satu tempat makan lain yang identik dengan Purwakarta adalah Soto Sadang. Berlokasi dekat dari gerbang tol Sadang, atau tepatnya di Jln Veteran No 12, Soto Sadang menjadi tempat favorit untuk para pengendara di jalur Jakarta – Bandung beristirahat dan makan siang.