Fakta Unik Telkom University atau Tel-U

3871.jpg

Kampus Tel-U.*
Kampus Tel-U.*
Telkom University atau Tel-U (telyu) adalah penggabungan dari empat perguruan tinggi swasta yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Telkom.
 
Keempat PTS itu adalah Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Institut Manajemen Telkom (IM Telkom), Politeknik Telkom, dan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom (STISI Telkom).
 
 
Nah uniknya, IT Telkom juga sebelumnya bernama Sekolah Tinggi Teknologi Telkom (STT Telkom) dan IM Telkom sebelumnya adalah MBA-Bandung, lalu diubah jadi Sekolah Tinggi Manajemen dan Bisnis Telkom (STMB Telkom).
 
STT Telkom dan STMB Telkom didirikan pada tahun 1990 oleh PT Telekomunikasi Indonesia yang saat itu dipimpin oleh Direktur Utama Ir Cacuk Sudarijanto. 
 
Kedua sekolah tinggi merupakan perguruan tinggi pertama di Indonesia yang memiliki kekhususan pendidikan dalam bidang industri pertelekomunikasian serta teknologi informasi. Juga penyelenggara program Master in Business Administration pertama di Jawa Barat yang mengadopsi secara utuh schooling system dari Asian Institute of Management (AIM) Philipines, yang pada saat itu dikenal sebagai Harvard Business School-nya Asia.
 
Maka, sejak 14 Agustus 2013 dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud Nomor 309/E/0/2013, berdiri Telkom University.
 
Grand launching peresmian Telkom University pada Sabtu 31 Agustus 2013 dihadiri Menteri Pendidikan Kebudayaan Republik Indonesia saat itu, Prof Dr Ir Muhammad Nuh, DEA dan Rektor pertama Telkom University, Prof Ir Mochamad Ashari, M.Eng, PhD bertempat di Telkom University Jalan Telekomunikasi No. 01, Terusan Buah Batu, Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung.
 
Kampus Tel-U disebut kawasan Bandung Technoplex seluas 48 hektare bekas Kampus STT Telkom. Pada masa lampau, kawasan tersebut merupakan lokasi penempatan stasiun pemancar radio tertua kedua di Indonesia milik Pemerintah Kolonial Belanda. So, dari sana ikut dikumandangkan berita Proklamasi Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia 17 Agustus 1945 ke berbagai belahan penjuru dunia.
 
Di area universitas, ada sebuah danau yang bernama Situ Techno, dulunya dijuluki Danau Galau. Letaknya dekat Fakultas Industri Kreatif (Gedung Sebatik) dan Fakultas Ilmu Terapan (Gedung Selaru).
 
Penamaan setiap gedung di Tel-U berdasarkan nama-nama pulau terluar Indonesia. Pilihan nama pulau yang diambil mempertimbangkan sebaran wilayah dan batas negara tetangga, penggunaan nama ini sebagai wujud pelestarian pulau-pulau di Indonesia agar dikenal namanya dan diakui keberadaannya.
 
Nah, ada gedung yang unik di kampus Tel-U. Gedung yang dikenal dengan gedung power ranger, karena tampilan geudungnya seperti robot power ranger. Gedung itu merupakan Learning Centre Telkom University, di dalamnya terdapat perpustakaan dan dinamakan Gedung Bangkit. Ada pula Convention Hall di Tel-U yang memiliki desain laiknya tempurung kepala keong, sehingga dijuluki Gedung Keong. (E Saepuloh/Periset "PR")***