Ini Dia 5 Hotel Tertua di Kota Bandung

Bandung pernah dijuluki menjadi laboratorium arsitek paling lengkap karena memiliki kekayaan arsitek yang menjadi sumber inpirasi dan bahan penelitian para ahli. Dimana berbagai bangunan tua mampu menceritakan bagaimana awal kota ini dibangun, termasuk hotel-hotel yang kini menjadi penginapan favorit baik bagi wisatawan domestic maupun mancanegara. Berikut adalah ada lima hotel bergaya heritage yang cocok untuk liburan bersama keluarga di Bandung.

1 Aerowisata Grand Hotel Preanger

HOTEL Preanger merupakan salah satu hotel tertua yang ada di Kota Bandung. Sejarah yang mengiringi perjalanan hotel ini pun cukup panjang. Siapa sangka hotel yang sekarang berdiri megah, dahulu hanyalah sebuah toko biasa yang menyediakan kebutuhan sehari-hari, bernama toko Thiem. Toko yang sudah ada sejak tahun 1884 ini dahulu cukup ramai didatangi oleh para preanger planter (pengusaha perkebunan di Priangan), karena letaknya yang berada di pusat kota, yakni kawasan Groote Postweg atau sekarang Jalan Asia Afrika.

2 Savoy Homann Bidakara Hotel

Hotel Homann

HOTEL berbintang di Kota Bandung ini, selain menempati bangunan yang dikategorikan sebagai cagar budaya, juga merupakan saksi bisu perjalanan sejarah dunia. Sejak dahulu hingga kini, Savoy Homann menjadi persinggahan tokoh-tokoh penting dunia. Hal ini juga dicatat oleh Kuncen Bandung, Haryoto Kunto. Sebuah buku setebal 10 cm bersampul hitam menjadi buktinya. Menurut sejarah, buku itu berisi kumpulan nama, tanda tangan, serta komentar tokoh-tokoh besar pernah singgah hotel ini.

3 Grand Royal Panghegar

Grand Royal Panghegar

SEBELUM menjadi megah seperti sekarang, Hotel Grand Royal Panghegar merupakan empat bungalo sederhana bergaya art deco yang dibangun tahun 1922. Pemiliknya adalah Anna Marie Meister, perempuan yang berasal dari distrik Italia di Swiss. Bangunan tersebut diberi nama Pension van Hengel. Mulanya, Pension van Hengel, terdiri atas 40 kamar dalam bangunan terpisah, karena memang sengaja dirancang sebagai wisma, yakni fasilitas penginapan untuk jangka waktu panjang (long staying guest).

4 Bumi Sawunggaling

Hotel Bumi Sawunggaling

KEASLIAN bangunan, keindahan arsitektur, serta nilai historis yang dimiliki Hotel Bumi Sawunggaling membuat gedung lawas yang terletak di Jalan Sawunggaling No.13 itu dianugerahi penghargaan Bandung Heritage Award pada 2011. Penghargaan tersebut diberikan oleh Paguyuban Pelestarian Budaya Bandung atau Bandung Heritage kepada pemilik atau pengelola dua puluh enam bangunan cagar budaya di Kota Bandung yang dianggap telah melakukan pelestarian gedung-gedung bersejarah.

5 Hotel Gino Feruci (Eks Hotel Surabaya)

Hotel Gino Feruci (Eks Hotel Surabaya)

HOTEL Surabaya bukan hotel yang besar dan megah, namun keberadaannya mewakili sejarah perkembangan arsitektur abad ke 18 hingga abad ke 19. Semula bangunan ini adalah Landhuis (komplek tempat tinggal) orang China, yang didirikan tahun 1884. Pendirinya adalah seorang Tionghoa asal Surabaya bernama Tan Tjin Gie.