Nikmati Sate Maranggi di Bandung di Kedai Rakha

3618.jpg

Sate maranggi Kedai Rakha.*
BANDUNG (PRINFO),- Penggemar masakan sate di Bandung kini tak perlu jauh-jauh ke Cibungur atau Plered, Purwakarta demi mendapatkan sate maranggi yang sama lezatnya.
 
Kedai Rakha yang berlokasi di Bandung timur menyediakan masakan khas Nusantara itu. Dihidangkan dengan racikan bumbu khas maranggi yang dijamin tak akan mengecewakan.
 
Taste you won't regret! Itulah tagline HF Riyanto (35), saat membuka Kedai Rakha memanfaatkan lahan di depan rumahnya dan sebuah garasi mobil. Sate adalah menu utama yang menjadi andalan Kedai Rakha.
 
 
Sate merupakan hidangan populer dari berbagai suku bangsa dan tradisi di Indonesia, telah menghasilkan berbagai macam sate. Sate diakui sebagai salah satu makanan favorit dunia, yang sering dibawa Presiden RI disela-sela kunjungan kenegaraannya. Sate maranggi khas Purwakarta, Jawa Barat, tentu kesohor pamornya.
 
Sate terbuat dari potongan daging kambing, sapi atau ayam, biasanya menggunakan bumbu rendaman yang dipakai sebelum sate dibakar, sehingga setelah matang cukup dicocol ke campuran kecap manis, cabai, dan bawang merah saja, sudah begitu nikmat. Ada pula yang menyediakan bumbu kacang dengan acar.
 
Sate maranggi Kedai Rakha rasanya enak, dagingnya lembut, wangi, dan harganya ramah di kantong. Untuk pilihan daging sate, ada ayam, sapi, atau kambing. Selain menyediakan sate maranggi, Kedai Rakha juga menyediakan gulai kambing atau sapi, sop daging sapi, pepes ayam, pepes ikan, dan aneka masakan rumahan yang patut dicoba.
 
Salah seorang pelanggannya mengatakan, "Satenya mantapppp.... baru nyobain sate ayam sama kambingnya aja. Kapan-kapan penasaran coba sate sapi dan gule kambingnya. Pelayanannya ramah banget, jadi berasa makan di rumah," tulis Zxycute dalam web komunitas terbesar di Indonesia, Kaskus.
 
 
Hmm... Pastinya, sekali mencoba, tampaknya ketagihan makan di Kedai Rakha. Tak akan berbeda bagi pelanggan yang sering berkunjung ke sana. Sang pemilik, HF Riyanto, pria yang akrab dipanggil Hepi itu, dibantu dan selalu berbagi resep dengan ibunda.
 
Adalah ibu Subakat (63) yang telah berkecimpung di dunia kuliner sejak 1990-an, bahu membahu memberikan kepuasan bagi para pelanggan yang menikmati sate maranggi di Kedai Rakha. Tak kalah, sang istri, Rida Amanda juga turut membantu bila tidak sedang bekerja kantoran.
 
Bapak dari dua putri, Adifa (6) dan Adzkya (5) itu, pernah mengasah kemampuan ilmu kulinernya dengan kuliah di D3 Perhotelan STIE Pariwisata Bandung. Pada 2016, Hepi berkesempatan mengikuti "Tantangan Saos Sambal ABC" yang mengunjungi kampus-kampus di Bandung, untuk menantang makan. Salah satunya makan sate maranggi Kedai Rakha.
 
Acara yang dipandu oleh chef Bara Pattiradjawane tersebut, berkunjung ke Universitas Sangga Buana YPKP, LP3I, Polban, dan lain-lain. Pengalaman Hepi semakin terasah dengan pernah mengelola katering kantoran bernama Zetta di PT Indonesia Power, Rajamandala, Kabupaten Bandung Barat.
 
 
Sekarang, setiap Minggu pagi hingga siang, Kedai Rakha juga membuka stan di Car Free Day Arcamanik, Jalan Pacuan Kuda Arcamanik, Kota Bandung. Nah, selain makan di tempat, para penggemar sate maranggi Kedai Rakha, juga bisa memesannya langsung ke rumah atau untuk katering dengan menelefon ke 08122080312. Harga per porsi sate kambing atau sapi Rp 25.000, sedangkan sate ayam Rp 15.000.
 
Catat alamatnya, Kedai Rakha Jalan Cisaranten Baru No. A13, Cisaranten Kulon, Arcamanik, Kota Bandung. Dari arah Arcamanik menuju Cisaranten, tempatnya sebelum kantor Polsek Arcamanik atau sebelum pertigaan. Kedai Rakha buka setiap hari pukul 11.00-21.00. (E Saepuloh/Periset "PR")***