Pesona 5 Pantai di Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi

3199.JPG

Foto: Garry Gumelar Pratama/PR
PELABUHAN Ratu merupakan ibukota Kabupaten Sukabumi. Pada masa Hindia Belanda, daerah ini dikenal dengan nama Wijnkoops-baai. Letaknya yang berada di pesisir Samudra Hindia, yakni di bagian barat daya wilayah kabupaten, menyuguhkan sejumlah pesona pantai yang mengagumkan. Jika Anda datang ke Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Anda bisa mengunjungi kelima pantai yang mengagumkan ini:

1 Pantai Cimaja

BERBEDA dari pantai lainnya, pantai yang terletak di Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi ini tidak berpasir tetapi berbatu. Lokasinya pun tersembunyi, tidak berada di pinggir jalan seperti pantai lainnya yang berada di Palabuhan Ratu.
 

2 Pantai Citepus

PANTAI Citepus bisa jadi merupakan pantai pertama yang akan ditemui setibanya di Palabuhan Ratu. Jalan yang melewati sepanjang pantai ini pun diberi nama Jalan Raya Citepus. Deretan penginapan, mulai dari pondokan kelas melati hingga hotel berbintang banyak dijumpai di sepanjang Jalan Raya Citepus ini. Tak lupa pula puluhan rumah makan dengan menu aneka seafood khas kawasan pantai yang berderet menghadap pantai.
 

3 Pantai Cibangban

SECARA administratif, Pantai Cibangban berada di Desa Pasirbaru, Kec. Cisolok, Kab. Sukabumi. Seperti tertulis di gerbang masuk kawasan pantai, pengelola Pantai Cibangban adalah pemerintah desa setempat. Akses menuju pantai cukup mudah karena lokasinya berada di pinggir jalan raya dengan sebuah gapura berukuran besar. 
 

4 Pantai Karang Hawu

JIKA pantai Cimaja dikenal dengan para peselancarnya, pantai Karang Hawu yang berada di Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi justru dikenal dengan kisah mistisnya. Di pantai inilah, konon Ratu Pantai Selatan yang dikenal dengan Nyi Roro Kidul itu menghabiskan waktunya untuk bertapa. Tak hanya itu, menurut warga setempat di tebing pinggir pantai Karang Hawu ini juga Nyi Roro Kidul terjun ke dasar laut untuk menyembuhkan penyakitnya.
 

5 Pantai Karang Naya

PANTAI Karang Naya berada dalam area Taman Wisata Alam (TWA) Sukawayana, berbatasan langsung dengan pantai di hadapan Hotel Inna Samudera Beach. Kawasan TWA Sukawayana seluas delapan hektare ini membentang mulai dari Masjid Istiqomah (di seberang Hotel Cleopatra) hingga batas Hotel Inna Samudera. Secara administratif, taman wisata alam ini berada di Kec. Cikakak, Kab. Sukabumi.