Yuk Kunjungi 4 Museum Ini di Bandung

KOTA Bandung bukan hanya tempat yang asyik untuk belanja. Bukan sekedar kota yang hanya dapat memanjakan lidah para pecinta kuliner. Wisata edukatif sekaligus menghibur juga dapat ditemui di Kota Bandung. Dari sekian banyak museum, berikut empat museum yang patut dikunjungi

1 Museum Geologi

MUSEUM Geologi merupakan museum yang menyediakan berbagai informasi mengenai aspek kebumian dan satu-satunya yang ada di Indonesia. Bahkan dapat dikatakan yang terlengkap di kawasan Asia Tenggara. Sejarah Museum Geologi berkaitan erat dengan sejarah penyelidikan geologi dan tambang di Indonesia yang telah dimulai sejak pertengahan abad ke-17. Untuk mewadahi penyelidikan tersebut, pemerintah Belanda membentuk suatu lembaga bernama Dienst van het Mijnwezen pada tahun 1850. Tahun 1922 lembaga ini berubah nama menjadi Dienst van den Mijnbouw.

2 Museum Sri Baduga

Museum Sri Baduga

MUSEUM Sri Baduga didirikan oleh pemerintah untuk menyelamatkan tinggalan budaya Jawa Barat, baik yang hampir punah maupun yang masih berkembang hingga saat ini dari pengaruh budaya luar. Museum ini memiliki koleksi lengkap mengenai peninggalan-peninggalan sejarah di Jawa Barat dari masa ke masa.

3 Museum Barli

Museum Barli

MUSEUM Barli didedikasikan untuk mengenang pelukis Barli Sasmitawinata. Museum ini juga difungsikan sebagai galeri hasil karya sang maestro seni lukis tersebut. Di dalam museum, pengunjung bisa menyaksikan perkembangan gaya seni lukis Barli dari masa ke masa, mulai dari lukisan yang masih beraliran realisme, impresionisme hingga ekspresionisme.

4 Museum Pos

DIBANGUN pada 1920, dan terlihat seperti menyatu dengan bangunan Gedung Sate. Gedung ini sudah berfungsi sebagai museum sejak 1931 dan bernama Museum Pos Telegraph dan Telepon (PTT). Klala itu, sebagian besar koleksinya berupa perangko dari dalam dan luar negeri. Selama masa revolusi, museum ini nyaris terlupakan, hingga baru pada 27 September 1983, museum POS dibuka kembali, setelah dipersiapkan selama kurang lebih tiga tahun.